Jakarta (ANTARA) -
Warga lokal mengaku bangga aktif  dilibatkan dalam penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang dilaksanakan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada 2-3 Maret.

Calvin Siahaan, pemuda asal Balige, menyebut Liaison Officer (naradamping) untuk tim F1 Powerboat, tepatnya, Team Binh Dinh Vietnam, sebagai pengalaman yang berharga.

"Yang pasti ini adalah pengalaman baru bagi saya, karena bisa mendampingi orang-orang luar negeri ke tanah sendiri," kata Calvin dengan penuh bangga kepada ANTARA usai mendampingi tim tersebut pada Kamis.

Calvin mengatakan, pengalaman perdananya menjadi LO membuatnya banyak belajar untuk memahami keinginan para pembalap dan tim dari luar, guna memberikan pelayanan terbaik bagi mereka.

Dia mengkau tidak khawatir karena sudah berpengalaman dalam melayani  tim balap luar negeri dalam Kejuaraan Dunia Aquabike dan F1 powerboat di lokasi sama, walaupun bukan sebagai LO.

Mahasiswa dari salah satu kampus di Kota Medan itu juga mengaku, ingin mengenalkan budaya masyarakat batak, khususnya dari Kabupaten Toba kepada kru atau ofisial, sehingga bisa turut membantu menaikkan citra Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia.

Baca juga: Polda Sumatera Utara bagi dua zona lantas saat F1 Powerboat Danau Toba

InJourney Aviation Services (IAS) melibatkan tenaga lokal untuk melayani logistik makanan dan hospitality (keramahtamahan) atau pendamping Tim F1 Powerboat Danau Toba 2024.

Direktur Integrasi dan Portofolio IAS, Danny P. Thaharsyah, mengungkapan pelayanan dalam penyediaan makanan, pendamping tim, kebersihan venue, dan pelayanan tiket telah memberdayakan warga lokal, di Kabupaten Toba, Samosir, dan Simalungun.

"Semua tenaga yang digunakan di tempat ini (venue powerboat) seperti untuk hospitality, bahkan di logistik makanan dan lain-lain, semuanya kami rekrut dari warga lokal," kata Danny.

Ia menjelaskan, hampir 100 persen pekerja di lokasi utama menggunakan tenaga lokal yang sudah dilatih pekan lalu. Mereka terdiri dari 60 orang untuk fasilitas perawatan lokasi dan pelayanan tiket, tenaga pendukung logistik makanan 15 orang, serta pendamping tim 15 orang.

F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan diikuti 18 pembalap dari sembilan tim.

Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.

Powerboat nanti juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.

Baca juga: IAS: Semua persiapan logistik F1 Powerboat Danau Toba sudah rampung

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024