Pemerintah punya tanggung jawab untuk menyiapkan supply-nya, tenaga kerja yang siap bekerja
Medan (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Program Kartu Prakerja menjadi sebuah pendekatan yang dilakukan pemerintah dalam rangka memenuhi kompetensi yang dicari para pencari kerja terutama kemampuan yang mengikuti tren industri.

"Ini menurut saya salah satu pendekatan baru dalam rangka mendekatkan antara supply and demand," ujar Moeldoko dalam Kuliah Umum Peluang dan Tantangan Kaum Muda Menuju Indonesia Emas 2045 di kampus Universitas Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Program Kartu Prakerja sendiri merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, sebagai salah satu langkah mempersiapkan menuju Indonesia Emas 2045.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah tidak bisa mengintervensi tren kebutuhan industri sehingga yang bisa dilakukan adalah menyiapkan tenaga kerja yang memang memiliki kompetensi dibutuhkan perusahaan saat ini.

Baca juga: Moeldoko minta mitra Kartu Prakerja ada pelatihan kendaraan listrik
Baca juga: Manajemen Prakerja ingatkan alumni internet buka ragam potensi kerja


Menurut Moeldoko, Program Kartu Prakerja menjadi salah satu program pemerintah yang dilakukan untuk memastikan tersedia kesempatan bagi masyarakat meningkatkan kompetensi atau mendapatkan kemampuan baru yang menjadi tren industri saat ini.

Selain juga terdapat program pelatihan dari kementerian dan lembaga termasuk Kementerian Ketenagakerjaan yang menaungi banyak balai latihan kerja (BLK).

"Pemerintah punya tanggung jawab untuk menyiapkan supply-nya, tenaga kerja yang siap bekerja," tegasnya.

Program Kartu Prakerja sendiri sudah melatih 17,5 juta orang dari 2020 sampai dengan 2023.

Pemerintah sendiri memutuskan untuk kembali melanjutkan Prakerja pada tahun ini dengan kuota peserta 1,1 juta peserta dengan gelombang penerimaan ke-63 telah dibuka sejak 23 Februari lalu.

Baca juga: Pemerintah targetkan Prakerja diikuti 1,148 juta peserta tahun ini
Baca juga: Skill Academy siapkan berbagai kelas pelatihan bagi peserta prakerja
Baca juga: Prakerja bantu tingkatkan inklusi keuangan di pelosok


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024