Jakarta (ANTARA News) - Wilayah timur Indonesia menjadi target penyaluran hewan kurban beberapa lembaga penyalur hewan kurban.
 
Lembaga kemanusiaan Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) akan menyalurkan daging kurban kepada masyarakat di wilayah Timur Indonesia seperti Sulawesi, Maluku Utara, Makassar, Palu, Manado, Gorontalo, Sorong dan Manokwari.

Saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu, Humas PKPU Sukismo mengatakan lembaganya memilih mendistribusikan daging kurban ke wilayah Timur antara lain karena sebagian daerah di wilayah itu rawan pangan.

Orang-orang yang menyerahkan hewan kurban ke PKPU, menurut dia, juga tahu bahwa sebagian daerah di wilayah Timur Indonesia termasuk daerah miskin dengan tingkat kemampuan membeli daging rendah.

PKPU tahun lalu menerima dana dari 15 ribu orang yang menyalurkan hewan kurban dan tahun ini menargetkan jumlah orang yang menyalurkan dana untuk hewan kurban naik menjadi 19 ribu orang.

Seperti PKPU, Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa juga berencana menyalurkan hewan kurban ke daerah-daerah di kawasan Indonesia Timur seperti Papua, Ambon dan Maluku Utara
 
"Sebelumnya kami hanya ada di Sorong, Papua saja, wilayah Ambon dan Maluku Utara belum. Kita ingin masuk juga. Indonesia kan bukan hanya pulau Jawa dan Sumatera saja. THK ini inginnya juga dirasakan masyarakat Indonesia lainnya," kata Direktur THK Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, saat ditemui Jumat (4/10).

Tahun 2012, THK Dompet Dhuafa menyebarkan daging kurban ke 216 kabupaten di 33 provinsi di Indonesia.

Menurut laman resminya, hingga Sabtu malam THK Dompet Dhuafa telah menerima dana pembelian hewan kurban dari 1.463 orang.

Tahun ini, THK menargetkan bisa mendistribusikan hewan kurban ke lebih banyak kabupaten, kecamatan dan desa terutama di bagian timur Indonesia.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013