dua di antaranya berasal dari hewan kurban Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta  mendistribusikan sebanyak 153 daging hasil kegiatan kurban di rutan, lapas, maupun Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kepada warga sekitar.

Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan terdapat 58 ekor sapi, dua di antaranya berasal dari hewan kurban Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta 95 ekor kambing yang disembelih di rutan, lapas, dan LPKA wilayah DKI Jakarta pada Idul Adha 1444 Hijriah.

"Nantinya daging kurban akan dibagikan ke warga sekitar, panitia Idul Adha, petugas pengamanan dan non pengamanan, warga binaan dan panti asuhan," kata Ibnu saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Pada Idul Adha 1444 Hijriah, pelaksanaan shalat Idul Adha berjamaah dipusatkan di Lapas Kelas IIA Salemba yang dipimpin oleh Imam serta Khotib Abdul Hadi dari Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta dengan tema "Keutamaan Nilai dan Ketakwaan Melalui Berqurban.".

Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Salemba khusyuk  melaksanakan shalat serta mendengarkan ceramah dari khatib.

Ibnu pun mengapresiasi petugas dan warga binaan Lapas Salemba yang mengikuti ibadah shalat Idul Adha.

Dalam pelaksanaan shalat ini, petugas pengamanan dan non pengamanan di lapas, rutan dan LPKA yang dikerahkan sebanyak 600 orang.

Sejauh ini, Kanwilkumham DKI Jakarta mencatat ada 11.850 narapidana, 3.927 tahanan, dan 71 anak.

Usai melaksanakan shalat, Ibnu bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Marselina Budiningsih juga meninjau dan menyaksikan penyembelihan hewan kurban dari Menkumham Yasonna Laoly.

Hewan kurban berupa sapi dari Menkumham Yasonna Laoly tersebut ditempatkan di dua lokasi, yakni Rutan Kelas I Jakarta Pusat dan Lapas Kelas IIA Narkotika Jakarta Pusat.
Baca juga: Perumda Dharma Jaya potong 90 hewan kurban pada Idul Adha Kamis
Baca juga: Sapi milik Heru Budi Hartono disembelih pertama di JIC
Baca juga: Presiden Jokowi dan Polri sumbang sapi kurban Masjid KH Hasyim Asy'ari

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023