Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) -
Pembalap F1 Powerboat dari Tim Stromoy Racing Bartek Marszalek mengaku akan kembali ke Danau Toba untuk berlibur, usai mengikuti lomba seri pembuka F1 Powerboat di danau super vulkanik tersebut.
 
Bartek mengatakan akan memanfaatkan waktu untuk berlibur bersama keluarga di danau itu, setelah melewati putaran pertama F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada 2-3 Maret.
 
"Saya akan kembali untuk berlibur dan pasti akan mencoba segalanya dan menikmati sinar matahari, cuaca yang bagus, pantai, dan makanan yang luar biasa juga," kata Bartek di sela memeriksa kondisi mesin perahu motor super cepat itu saat di dalam paddock tim, Jumat.
 
Pemenang F1 Powerboat Danau Toba tahun lalu itu mengatakan bahwa dirinya tidak sempat menikmati keindahan Danau Toba, serta belum mencicipi kuliner khas dari kawasan destinasi wisata itu.
 
"Jadi sejujurnya yang diberikan kepada kami bukanlah liburan, kami bekerja di sini. Jadi, tidak ada waktu untuk menjelajahi semua makanan lokal yang lezat," ujar dia.
 
Baca juga: Jonas Andersson tercepat kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba 2024

Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung pada Jumat siang, Bartek berada di posisi kelima dengan catatan waktu terbaik 1 menit 03,742 detik, sedangkan posisi pertama ditempati oleh Jonas Andersson dari Team Binh Dinh - Vietnam.
 
Bartek berharap akan kembali memenangi balapan Danau Toba dan mendulang poin dalam seri pembuka tersebut.
 
Pada 2-3 Maret nanti, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.

F1 Powerboat tahun ini diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara.
 
Penyelenggaraan seri pembuka kali ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: InJourney: Pembalap dibawa "tour area" untuk melihat Danau Toba
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024