Ini demi Merah Putih. Apapun dijalankan
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Sofitel, hotel resort terbaru di Nusa Dua Bali dalam waktu singkat "disulap" menjadi tempat retreat 21 pemimpin APEC, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China, Xi Jinping, dan PM Australia, Tony Abbott.

"Orang bilang seperti Bandung Bondowoso," kata Presiden Direktur Agung Podomoro Land, Trihatma K Haliman, kepada para pemimpin redaksi yang meninjau kesiapan penyenggaraan KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Panitia mempertunjukkan lokasi pertemuan, tempat makan, dan pertemuan bilateral, dan tempat para pemimpin KTT APEC 2013 itu akan foto bareng. 

Menurut Trihatma, ia tidak menduga kalau hotel yang dibangunnya akan jadi tempat perhelatan APEC. "Itu rejeki saya," katanya. 

Satu setengah  tahun lalu, pemerintah mencari lokasi ideal untuk lokasi retreat yang menghadap laut. Ternyata lokasi Sofitel dianggap tepat. Sampai akhirnya diputuskan agar dibangun secepatnya.
 
"Saya merasa dipercaya, meski harus siap dalam waktu singkat. Ini demi Merah Putih. Apapun dijalankan," katanya.

Ia mengatakan desain untuk membangun 40 suite room diubah jadi tempat retreat. Pembangunan dikerjakan maraton dan diawasinya sendiri. "Suksesnya perhelatan negara, sukses saya juga," katanya.

Sofitel hotel bintang 5 katagori mewah itu sebetulnya baru akan dibuka awal Desember 2013 untuk publik. 

"Bangunan sudah siap, kita perlu penyelesaian akhir. Untuk KTT APEC 2013 ini sudah representatif," katanya. Pihaknya sudah mengeluarkan investasi sekitar Rp1 trilun dan akan balik modal sekitar sembilan tahun kemudian.

Pewarta: Akhmad Kusaeni
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013