Bangkok (ANTARA News) - Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, Minggu, menyatakan keprihatinan atas situasi banjir di Provinsi Prachin Buri dan Chai Nat serta menginstruksikan instansi terkait segera memberikan bantuan kepada korban banjir.

Perdana menteri membuat pernyataan sebelum meninggalkan Bangkok menuju Bali, Indonesia untuk menghadiri KTT APEC 2013.

Ia telah menugaskan Wakil PM Plodprasob Surasawadee, sebagai Ketua Komisi Banjir dan Pengelolaan Air, untuk berkoordinasi dengan Departemen Pencegahan Bencana dan Mitigasi guna segera memberikan bantuan kepada korban banjir.

Dia menyatakan keyakinannya bahwa jumlah air (banjir) tahun ini tidak sebanyak seperti pada 2011 ketika negara menghadapi banjir terburuk dalam sejarah, demikian laporan TNA.

Yingluck mencatat bahwa hanya beberapa daerah, seperti Kabupaten Kabin Buri, Prachin Buri, yang menerima air dalam jumlah besar akibat curah hujan.

Untuk banjir di Chai Nat, perdana menteri mengatakan telah menginstruksikan gubernur untuk memeriksa kerusakan di daerah-daerah yang terkena dampak dan memberikan bantuan kepada korban.

Namun, perdana menteri menunjukkan bahwa daerah-daerah yang telah terkena air yang dilepaskan dari Bendungan Pasak Chonlasit cukup mengkhawatirkan dan dia meminta instansi terkait untuk memantau situasi.

Departemen Irigasi kerajaan juga memantau situasi banjir dan jumlah air dalam bendungan besar itu.

Badan ini akan bekerja dengan Pemerintah Metropolitan Bangkok untuk rencana menggelontorkan air dalam keadaan darurat apapun.

Sementara itu, hujan deras pada Sabtu malam menyebabkan limpasan hutan di provinsi utara Lampang Ahad ini, dan 150 rumah di tujuh desa di ibu kota provinsi tergenang hingga satu-dua meter.

Banyak dari mereka gagal untuk memindahkan barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi dalam waktu cepat, dan penggilingan padi juga rusak termasuk sekitar 100 ton padi dan ketan berada di bawah air banjir.

Departemen Meteorologi hari ini mengumumkan bahwa ada tekanan rendah aktif di Teluk Thailand dekat Prachuap Kiri Khan, dan diperkirakan akan mendarat besok.

Satu hujan musim barat daya terjadi di atas Laut Andaman dan Teluk Thailand, hujan deras sehingga, terjadi isolasi berat akibat hujan kemungkinan di atas daerah itu.

Warga diperingatkan untuk berhati-hati pada cuaca buruk selama 6-8 Oktober di provinsi-provinsi termasuk Rayong, Chanthaburi, Trat, Phetchaburi, Prachuap Khiri Khan, Chumphon, Ranong, Phang-nga dan Phuket.

Selama 7-11 Oktober, sistem tekanan tinggi lain dari China akan meliputi wilayah Utara negeri itu, mengarah kepada penurunan suhu dan cuaca dingin di pagi hari di daerah-daerah Timurlaut.



Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013