Indonesia saat ini tengah dipersiapkan menjadi negara maju, dengan pendapatan tinggi. Maka wirausahawan baru dari perguruan tinggi ini akan diperbanyak untuk membuat model bisnis dari berbagai teknologi serta inovasi baru
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan bahwa kampus harus menjadi tempat yang menghasilkan wirausahawan baru.
 
"Saat mendatangi berbagai kampus banyak mahasiswa dan anak zaman sekarang yang mengutarakan keinginannya untuk memulai usaha dan bisnis, dan ini selaras dengan survei yang dilakukan secara nasional dan di Asia Tenggara bahwa 62 persen anak muda ingin menjadi pebisnis bukan lagi menjadi pegawai atau aparatur sipil negara," ujar Teten Masduki di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan dengan adanya perubahan pola pikir generasi muda yang tertarik menjadi seorang pebisnis, maka perguruan tinggi harus bisa beradaptasi dan mengakomodir kebutuhan mahasiswa dalam mengembangkan potensi kewirausahaan.
 
"Kampus ini harus menjadi tempat yang melahirkan wirausahawan baru. Jadi perguruan tinggi harus mendekatkan kurikulumnya, bukan hanya mendidik mahasiswa membuat skripsi. Tetapi sudah mulai menyiapkan rencana bisnis sejak semester awal agar saat lulus sudah memiliki bisnis dan tidak menjadi pengangguran," katanya.
 
Dia menjelaskan dengan adanya lulusan yang sudah memiliki bisnis yang terencana sejak semester awal, maka akan membantu pula membuka lapangan kerja bagi masyarakat, serta menyerap tenaga kerja.
 
"Indonesia saat ini tengah dipersiapkan menjadi negara maju, dengan pendapatan tinggi. Maka wirausahawan baru dari perguruan tinggi ini akan diperbanyak untuk membuat model bisnis dari berbagai teknologi serta inovasi baru," ucap dia.
 
Menurut dia, perguruan tinggi pun harus mampu menjadi inkubator bagi pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui inovasi teknologinya.
 
"Peran perguruan tinggi ini penting untuk menghasilkan wirausaha muda dan membangun ekosistem kewirausahaan. Sebab​​​ dari sini riset dibuat untuk menghasilkan inovasi yang nantinya akan membentuk sebuah industri. Dan mahasiswa akan menjadi wirausahawan yang membuka lapangan kerja sekaligus membantu mengembangkan ekonomi daerah," tambahnya.

Baca juga: Menkop UKM: Entrepreneur Hub wadah cari ide bisnis dari kampus
Baca juga: Menkop minta UMKM dilibatkan dalam program makan gratis
Baca juga: Menkop UKM ingin RI jadi pemimpin eksportir kerajinan tangan di ASEAN

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024