Karena target tahun ini kita ingin KIPP IKN bisa secara progresif terbangun, tetapi tentu ekosistemnya juga sudah mulai bekerja.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mengawal seluruh lahan yang dipersiapkan untuk pengembangan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Terkait apa yang menjadi tanggung jawab Kementerian ATR/BPN sendiri, kita harus meyakinkan bahwa seluruh lahan yang memang dipersiapkan untuk pengembangan kawasan IKN, saat ini saya sampaikan tadi khususnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), tetapi tentunya secara paralel dikembangkan segera setelah itu adalah bagaimana supporting system-nya termasuk pusat komersial, pusat ekonomi juga bisa terbangun dengan baik," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau disapa AHY, di Jakarta, Senin.

Selain itu, AHY juga menambahkan mengenai lahan-lahan untuk infrastruktur pendukung IKN, seperti Jalan Tol Akses IKN juga terus dikawal oleh Kementerian ATR/BPN, sehingga jika nantinya telah terbangun jalan tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN.

Kementerian ATR/BPN juga terus mengawal lahan untuk pembangunan Bandara VVIP IKN, sehingga pembangunan bandara tersebut diharapkan dapat segera dituntaskan.

AHY mengatakan bahwa pembangunan IKN sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan proyek yang paling besar rancang, konsep serta visinya. Selama kurang lebih dua hari pada Kamis (29/2) dan Jumat (1/3), AHY bersama sejumlah menteri lainnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan pengecekan secara langsung di lapangan mengenai progres pembangunan IKN.

"Karena target tahun ini kita ingin KIPP IKN bisa secara progresif terbangun, tetapi tentu ekosistemnya juga sudah mulai bekerja. Kita berharap pada tahun ini juga kita bisa melihat progres yang signifikan, bahkan cita-cita kita untuk pertama kalinya dalam sejarah melakukan upacara peringatan 17 Agustus 2024 di IKN mudah-mudahan bisa tercapai dan lancar dengan baik," kata AHY.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan pembangunan IKN di Kaltim menjadi representasi Indonesia yang semakin maju dan sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Menurut AHY, pemerintah melalui pembangunan IKN ingin menampilkan kehidupan di tengah-tengah hutan dengan ekosistem yang berkelanjutan untuk generasi berikutnya. Dirinya memastikan akan terus mendukung pembangunan IKN.
Baca juga: OIKN bantah ada malaadministrasi penggunaan lahan IKN
Baca juga: Bank Tanah menyiapkan lahan relokasi warga komitmen dukung Bandara IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024