Padi lokal ini ditemukan oleh seorang petani yakni Pak Untung Mursidi, kemudian difasilitasi oleh UPTD dan dibantu juga oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Balitbangda Kabupaten Bekasi
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memberikan penghargaan kepada penemu benih padi varietas lokal Pusaka Bhagasasi, Untung Mursidi, selaku Ketua Kelompok Tani Desa Mekarjaya, Kecamatan Kedungwaringin.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi Untung Mursidi sebagai tokoh pelopor atas kerja keras serta komitmen dalam mempertahankan benih varietas asli Kabupaten Bekasi.

"Padi lokal ini ditemukan oleh seorang petani yakni Pak Untung Mursidi, kemudian difasilitasi oleh UPTD dan dibantu juga oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Balitbangda Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan penemuan itu ditindaklanjuti melalui penelitian mendalam menyangkut benih padi varietas baru tersebut hingga akhirnya diakui pemerintah pusat sebagai jenis padi lokal khas Kabupaten Bekasi.

"Akhirnya bisa tembus dan mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pertanian sebagai varietas lokal Kabupaten Bekasi yang diberi nama Pusaka Bhagasasi," katanya.

Untung Mursidi menjelaskan benih padi varietas lokal Pusaka Bhagasasi ditemukan oleh dia pada 1999. Sejak tahun itu, petani di Desa Mekarjaya, Kecamatan Kedungwaringin mulai banyak menggunakan padi lokal tersebut.

"Melalui proses panjang dari tahun ke tahun hingga akhirnya varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi bisa dicanangkan tahun ini," katanya.

Untung bahkan tidak mengira bahwa padi lokal yang telah ditemukan sejak 25 tahun lalu itu bisa menjadi salah satu varietas padi lokal unggulan di Kabupaten Bekasi.

"Varietas ini memang kualitas alami, bukan kawin silang. Karena memang varietas ini punya gen sendiri dari varietas-varietas lainnya," ucapnya.

Untung mengaku bersyukur atas penemuan benih padi Pusaka Bhagasasi yang telah diteliti dan didaftarkan ke Kementerian Pertanian. Hal tersebut tidak luput dari dukungan sejumlah pihak terkait.

"Mudah-mudahan varietas ini bisa terus dikembangkan oleh pemerintah daerah dan membawa manfaat khususnya bagi petani Kabupaten Bekasi juga seluruh petani di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi kenalkan benih padi lokal Pusaka Bhagasasi

Baca juga: Pemkot-Pemkab Bekasi wacanakan tukar guling aset daerah

Baca juga: Pemkab Bekasi lanjutkan pembangunan Jembatan Pantai Bakti Muaragembong

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024