Gerakan tanam cabai serentak se-Indonesia merupakan serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52
Gianyar, Bali (ANTARA) -
PKK Gianyar menanam1.300 bibit cabai di berbagai lahan di kabupaten Gianyar Provinsi Bali untuk mencegah inflasi akibat naiknya harga cabai.

Staf Ahli Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Ngakan Putu Darmajati dalam siaran pers Diskominfo Gianyar Selasa mengatakan, kegiatan itu sekaligus untuk mengikuti gerakan taman cabai serentak di seluruh Indonesia yang dilakukan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Istri Wakil Presiden Wury Estu Handayani.

"Gerakan tanam cabai serentak se-Indonesia merupakan serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, yang bertujuan agar masyarakat menanam cabai sebagai salah satu langkah untuk menangani komoditas cabai yang saat ini sedang mengalami kenaikan harga," katanya.

Cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap menyebabkan terjadinya inflasi setiap tahunnya. Kegiatan ini akan dapat membantu menstabilkan harga bahan pokok, khususnya cabai.

Pengadaan bibit cabai itu sendiri difasilitasi oleh pemerintah desa dengan menggunakan dana APBDes.
 
Selain itu, melihat situasi harga-harga kebutuhan pokok di pasaran yang menunjukkan peningkatan diharapkan kegiatan ini nantinya dapat menurunkan harga khususnya cabai, sehingga inflasi dapat ditekan dan dikendalikan.

“Nantinya, dalam situasi harga cabai yang melonjak, kita berharap dengan menanam cabai secara serentak, bisa jadi salah satu langkah untuk menekan inflasi," katanya.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024