Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara sukses melakukan operasi transplantasi ginjal untuk ketujuh kalinya.

"Hingga saat ini RSUP Adam Malik sudah melakukan tujuh kali operasi transplantasi ginjal sejak 2017 di bawah bimbingan tim RSCM Jakarta," ujar Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik dr Zainal Safri di Medan, Selasa.

Zainal mengatakan operasi transplantasi ginjal yang ketujuh di rumah sakit ini dilakukan di kamar bedah emergency (KBE) Gedung Instalasi Gawat Darurat RSUP Haji Adam Malik, Senin (4/3).

Operasi itu diketuai oleh dr Alwi Thamrin Nasution, sementara tim transplantasi ginjal dari RSCM Jakarta selaku pengampu beranggotakan empat dokter spesialis.

"Pasien resipien atau penerima donor itu pria berinisial IS (35) warga Kabupaten Deli Serdang, sedangkan pendonor berinisial PPS (35) yang sebelumnya telah berkonsultasi dan mendapat keterangan medis dari tim dokter," ucap Zainal.

Baca juga: Didamping tim RSCM, RSWS Makassar sukses operasi transplantasi ginjal

Baca juga: Dokter: Dehidrasi berkepanjangan tingkatkan risiko batu saluran kemih

Baca juga: Periksa fungsi ginjal dan urin efektif cegah penyakit ginjal kronis


Dia mengatakan saat ini kedua pasien tersebut sudah menjalani rawat jalan dengan kondisi yang stabil. Menurut Zainal perawatan ini merupakan layanan transplantasi ginjal ini sejalan dengan program transformasi kesehatan yang sudah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI.

"Kami terus berkomitmen untuk melaksanakan transplantasi ginjal, alhamdulillah hari ini kami sudah bisa mandiri,” ucapnya.

Operasi cangkok ginjal ini pun menjadi yang kedua kalinya dilakukan di RS Adam Malik pada tahun ini. Terakhir kali terlaksana pada 5 Februari 2024, setelah pada 4 Desember 2023 menjadi operasi pertama usai vakum selama pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Prof Dr dr Nur Rasyid SpU(K) dari Tim Transplantasi Ginjal RSCM Jakarta mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pengampuan yang ketujuh di RSUP Adam Malik.

"Alhamdulillah, Rumah Sakit Adam Malik sudah bisa mandiri, mudah-mudahan atas dukungan dari manajemen, perkembangan layanan transplantasi ginjal di rumah sakit ini akan berjalan dengan baik dan lebih cepat," ucapnya.

Baca juga: RSUP Adam Malik sukses transplantasi ginjal untuk keenam kalinya

Baca juga: RSUP Fatmawati Jakarta berhasil melakukan operasi transplantasi ginjal

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024