Saya dapat memberitahu Anda, karena saya harus meminta maaf kepada beberapa negara tuan rumah, bahwa mereka mengerti bahwa hal yang paling penting yang saya dapat lakukan untuk mereka,"
Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama pada Selasa mengatakan, ia seharusnya berada pada pertemuan kembar di Asia pekan ini, tetapi ia tidak mengharapkan "kerusakan permanen" dari ketidakhadirannya.

Obama, yang membatalkan perjalanannya karena pertikaian dengan anggota parlemen Republik, mengatakan ia percaya bahwa China merasa kurang "pushback" untuk posisi mereka di pertemuan karena dia tidak ada.

"Saya dapat memberitahu Anda, karena saya harus meminta maaf kepada beberapa negara tuan rumah, bahwa mereka mengerti bahwa hal yang paling penting yang saya dapat lakukan untuk mereka dan hal yang paling penting yang bisa saya lakukan untuk hubungan bilateral di Amerika adalah membuat yakin kita membuka kembali pemerintah kita dan tidak mengalami default (gagal bayar)," Obama mengatakan pada sebuah konferensi pers.

"Jadi saya tidak berpikir itu akan menyebabkan kerusakan permanen," katanya.

Obama, yang telah mencoba untuk melakukan reorientasi kebijakan AS terhadap Asia, melewatkan pertemuan tingkat tinggi APEC di Bali dan ASEAN di Brunei setelah pemerintah AS menutup sebagian kegiatannya karena kebuntuan anggaran di Kongres.

Kepemimpinan Partai Republik di DPR AS telah menolak untuk memberikan suara yang memungkinkan pemerintah tetap beroperasi dan menghindari gagal bayar pada 17 Oktober, karena bersikeras meminta revisi undang-undang kesehatan yang Obama tandatangani, demikian AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013