Palu (ANTARA) - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian mengatakan kader PKK memiliki peran penting dalam pendampingan dan kontribusi untuk memajukan pembangunan di daerah.
 
"PKK merupakan mitra pemerintah, karena itu peran kader PKK sangat penting dalam memberikan pendampingan dan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di wilayah masing-masing," kata dia saat kunjungan kerja ke Kota Palu, Sulawesi Tengah di Palu, Rabu.
 
Pada kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih kepada instansi terkait pemerintah serta seluruh kader PKK yang telah banyak melaksanakan kegiatan 10 Program Pokok PKK untuk mempercepat program pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
 
Dia meminta para pengurus dan kader PKK terus menjadi bagian gerakan nasional dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat.
 
Salah satu program PKK, kata dia, berupa program pangan murah yang merupakan gerakan program untuk menghadapi gejolak perekonomian, berupa kenaikan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat.

"Selain itu, PKK memiliki peranan penting karena hanya PKK mempunyai kader untuk menggerakkan semua rumah tangga sampai lingkup rukun warga dan rukun tetangga," ujarnya.

Baca juga: Ketua Umum TP-PKK puji keindahan dan kemajuan Pulau Penyengat
 
Kunjungan kerja dan temu kader PKK tersebut dipusatkan di Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga, Kota Palu.

Pada kesempatan itu, ia melihat pelaksanaan sejumlah program kelompok kerja binaan PKK setempat dalam usaha pemberdayaan ekonomi dan keluarga, di antaranya budi daya anggur, pengolahan kelor, dan menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga kurang mampu.
 
Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas Mastura mengatakan program unggulan beberapa kelompok kerja binaan TP-PKK setempat, yakni gerakan tanam cabai.
 
"Tanam cabai merupakan gerakan program unggulan nasional yang dilaksanakan hampir di semua kelurahan dan desa yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah sebagai langkah untuk menekan inflasi," ujarnya.
 
Pemerintah Provinsi Sulteng telah membagikan 10.000 bibit cabai rawit untuk Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong sebagai tahap awal pelaksanaan gerakan tanam cabai di wilayah itu.
 
Tim Penggerak PKK Sulteng juga melaksanakan gerakan pangan murah serta program kelompok Dasawisma, salah satunya di rumah kelor Kelurahan Kayumalue, Kecamatan Palu Utara, untuk mengolah kelor menjadi bahan olahan, seperti kapsul kelor, teh celup, dan masker.

Baca juga: TP PKK pusatkan "Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia" di Bogor
Baca juga: Ketum TP PKK serahkan bantuan 22 mesin jahit untuk Kabupaten Mappi
Baca juga: TP-PKK Maluku edukasi masyarakat Banda Naira perangi stunting

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024