Jakarta (ANTARA) -
Plt. Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Marianus Mau Kuru mengatakan pihaknya terus berupaya menekan angka hamil dan melahirkan pada remaja agar tidak melahirkan anak stunting.
 
“Untuk seorang perempuan dari aspek kesehatan dia panggulnya belum siap, organ reproduksinya belum siap kemungkinan bisa melahirkan anak stunting,” kata Marianus dalam diskusi edukasi pentingnya ASI di Jakarta, Rabu.
 
Marianus mengatakan data BKKBN menunjukkan sekitar 19-20 persen anak remaja usia 15-19 tahun melakukan pernikahan dini, sehingga dalam 10 juta anak remaja turut menyumbangkan angka kelahiran stunting karena organ reproduksi dan kesiapan tubuhnya yang belum stabil.
 
Remaja perempuan yang melakukan hubungan seksual di usia belasan juga berpotensi mengalami kanker leher rahim pada lima hingga 10 tahun ke mdepan. Dari aspek psikologis, ibu yang melahirkan terlalu muda juga belum siap menjadi ibu yang bertanggung jawab, dan kehidupan rumah tangganya juga akan bermasalah pada aspek ekonomi jika suami belum bekerja atau belum selesai bersekolah.

Baca juga: Pemerintah targetkan angka perkawinan anak turun 8,74 persen pada 2024

Baca juga: Mencegah pernikahan usia dini untuk menciptakan generasi unggul
 
Risiko lain jika melahirkan di usia remaja adalah meningkatkan angka kematian ibu dan bisa terjadi kekerasan dalam rumah tangga jika kebutuhan ekonomi tidak terpenuhi.
 
“Bisa terjadi kekerasan karena ekonomi tidak terpenuhi, atau masa depan anak tidak bisa diurus, tidak bisa sekolah, sampai pada bunuh diri karena stres,” katanya.
 
BKKBN terus mengampanyekan bahwa berkeluarga harus direncanakan dengan matang sehingga membentuk keluarga yang bahagia dan sejahtera. Kampanye yang dilakukan dengan edukasi ke sekolah dan kampus tak hanya remaja dengan kondisi sehat namun juga menyasar pada remaja disabilitas.
 
BKKBN juga menekankan risiko anak lahir stunting di beberapa provinsi dengan pendampingan dari bidan atau kader KB untuk memberikan penyuluhan dan edukasi pencegahan stunting mulai dari remaja, calon pengantin hingga ibu hamil dan pasca melahirkan.
 
“Maka setiap pernikahan di persiapkan dengan baik dari aspek ekonomi, kesehatan dan lain-lain agar tidak jadi beban negara, anak lahir stunting dan perceraian, maka ada tindakan penanganan, yang berisiko kita lakukan preventif atau pencegahan,” kata Marianus.
 
Marianus juga mengingatkan remaja untuk menghindari seks bebas sebelum menikah, tidak melakukan pernikahan dini dan menghindari rokok serta narkotika. Bagi calon pengantin yang akan menikah, harus mempersiapkan kesehatan setidaknya 3-6 bulan sebelum konsepsi.

Baca juga: Wapres tekankan pentingnya edukasi untuk cegah pernikahan dini

Baca juga: Bappenas sebut RPJMN pencegahan pernikahan anak tercapai

 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024