Pemkot Tangerang mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam ragam bibit buah, sayur bahkan cabai
Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Banten telah membagikan 3.070 bibit tanaman sayuran kepada masyarakat secara gratis untuk mengoptimalkan gerakan menanam di pekarangan rumah.

"Jumlahnya akan terus meningkat karena DKP akan kembali membagikan bibit tanaman kepada masyarakat selama bulan Ramadan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Kamis.

Ia menjelaskan, antusiasme masyarakat di 13 kecamatan untuk mendapatkan bibit tanaman ini sangat tinggi, karena  banyak manfaat yang diperoleh, yakni kemandirian dalam memenuhi pangan.

“Bercocok tanam di pekarangan rumah, merupakan langkah-langkah sederhana masyarakat, untuk turut andil dalam upaya mengendalikan laju inflasi,” katanya,

Ia juga menjelaskan, pembagian bibit gratis dapat dimanfaatkan masyarakat dengan melakukan permohonan atas nama kelompok masyarakat, RT/RW.

Kemudian mengirimkan surat ke Kepala DKP Kota Tangerang di Gedung Cisadane Lantai 1 Jalan KS Tubun Nomor 1, Pasar Baru Karawaci.

“Dengan ini, Pemkot Tangerang mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam ragam bibit buah, sayur bahkan cabai. Yakni, dengan memanfaatkan program pembagian bibit tanaman gratis dari DKP Kota Tangerang ini,” kata Muhdorun.

Sementara itu, DKP setempat telah mendistribusikan bibit tanaman gratis sebanyak 150.000 bibit pada tahun 2020, 10.002 bibit pada tahun 2021, 45.770 bibit pada tahun 2022, dan tahun 2023 sebanyak 75.022 bibit.

DKP juga mengoptimalkan peran 119 Kelompok Wanita Tani (KWT), 160 hektare lahan sawah padi yang tersebar di Benda, Batuceper, Periuk, Cipondoh, dan Pinang, dan 4,5 hektare lahan pertanian di Cikokol yang menghasilkan sayur-mayur dan jagung dalam menjaga ketahanan pangan.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024