Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis arena untuk pertandingan sejumlah cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara selesai tepat waktu yaitu Juli atau sebelum pelaksanaan.
 
Ia menjelaskan, persiapan infrastruktur untuk cabang-cabang olahraga sedang berjalan hingga saat ini dan semua ditargetkan selesai pada Juli.
 
"Saya sudah ada mengunjungi Sumut Sport Center, sudah hampir jadi seperti untuk cabang olahraga akuatik. Stadion utama juga diperkirakan Juli, begitu juga di Provinsi Aceh," kata Dito di Jakarta, Kamis.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan, pemerintah pusat sudah melihat langsung persiapan di daerah dan semua sedang fokus untuk pembangunan fasilitas-fasilitas olahraga yang dibutuhkan.
 
Selain itu, untuk persiapan atlet di pemusatan latihan daerah (pelatda) di masing-masing provinsi juga sedang berjalan.
 
"Dan kami juga melihat seluruh daerah terkait persiapan pelatda-pelatda dan pengiriman kontingen," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Dengan melihat perkembangan tersebut, dia pun optimistis PON akan terselenggara dengan baik dan tepat waktu sesuai yang direncanakan. PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung pada 8-20 September.
 
PON tahun ini akan mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumatera Utara.

Baca juga: Menpora: Persiapan arena PON XXI sesuai progres
Baca juga: PP PKSI akan kunjungi arena korfball untuk kesiapan menuju PON 2024
Baca juga: DPRA: Pemerintah Aceh alokasikan 4,31 persen APBA 2024 untuk PON

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024