Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) untuk memantau persiapan pemusatan latihan daerah (pelatda) di setiap provinsi.
 
Menpora Dito Ariotedjo mengatakan terus memantau perkembangan pelaksanaan pelatda di setiap provinsi, sebagai persiapan untuk berlaga dalam PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.
 
"Kami berkoordinasi dengan KONI dan PB PON untuk memantau pelaksanaan pelatda," kata Dito di Jakarta, Kamis.
 
Ia mengaku menerima banyak informasi mengenai keluh kesah dari sejumlah cabang olahraga di daerah, terkait pengelolaan anggaran untuk pelaksanaan pelatda.
 
"Saya sudah mendengar sejumlah keluh kesah, bahkan ada beberapa yang pelatdanya belum dimulai, ada yang pelatdanya belum dianggarkan dananya," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan, Kemenpora juga berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendorong agar persiapan kontingen daerah atau provinsi di Indonesia guna menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut.
 
Sementara itu, Dito juga optimistis arena penyelenggaraan sejumlah cabang olahraga untuk PON selesai tepat waktu yaitu pada Juli atau sebelum pelaksanaan. PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung pada 8-20 September. 
 
PON tahun ini akan mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumatera Utara.

Baca juga: Menpora optimistis arena untuk PON XXI Aceh-Sumut selesai Juli
Baca juga: PP PKSI akan kunjungi arena korfball untuk kesiapan menuju PON 2024
Baca juga: Ribuan warga Sumatera Utara antusias ikuti lari gembira menuju PON 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024