Untuk total luas lahan kritis yang sudah kita hijaukan kembali mencapai lebih dari 15 hektare
Pangkalpinang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman 1.870 bibit pohon kayu putih di lahan bekas tambang di kawasan Bandara Depati Amir Pangkalpinang agar semakin asri dan bermanfaat untuk ekonomi masyarakat di masa mendatang.

"Hai ini kita lakukan penghijauan bersama PT Timah Tbk, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Babel dan kelompok petani yang akan mengelola lahan tersebut, kita berharap upaya ini memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan," kata Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan program penghijauan akan terus dilakukan di lokasi lahan kritis bekas tambang ilegal yang ada di Provinsi Babel dengan melibatkan lebih banyak instansi dan warga.

"Pada hari ini kita tanam 1.870 bibit di atas lahan sekitar dua hektare, program seperti ini akan terus kita gencarkan di lahan-lahan kritis yang ditinggalkan para pelaku kejahatan lingkungan hidup yang tidak bertanggung jawab dengan merusak lingkungan demi kepentingan penggalian mineral yang tidak sesuai aturan," katanya.

Baca juga: PLN Babel dukung penanaman pohon di Tahura Bukit Mangkol

Menurut dia, keterlibatan masyarakat dalam program pelestarian lingkungan penting dilakukan agar mereka ikut berperan aktif dalam memantau pertumbuhan tanaman dan merawat sehingga lahan kritis bisa kembali produktif.

Polda Babel bersama Polres jajaran juga akan terus melakukan penanaman di wilayah pesisir, seperti mangrove yang sudah digali secara liar oleh para oknum penambang yang tidak bertanggung jawab.

"Dalam penanganan tambang liar, negara harus hadir melakukan penertiban dan saya selaku Kapolda mengimbau seluruh instansi dan masyarakat jika ada lahan-lahan kritis mari kita tanami dengan tumbuh-tumbuhan, seperti kayu putih, jambu mete dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan hari ini Polda Babel bersama Polres jajaran secara serentak melakukan penanaman di tujuh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Babel dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak delapan ribu.

"Untuk total luas lahan kritis yang sudah kita hijaukan kembali mencapai lebih dari 15 hektare, kita akan terus tingkatkan karena masih banyak lahan kritis yang ada di Babel," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Selatan tanam bibit pohon di lahan kritis
Baca juga: KLHK kembangkan Program UPSA di Bangka, tanam 4.000 bibit kayu putih

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024