Jakarta (ANTARA) - Beberapa berita humaniora pada Minggu (10/3) menarik perhatian pembaca mulai dari kabar selamatnya pilot Maskapai Smart Aviation yang hilang di Kalimantan Utara setelah sebelumnya dinyatakan hilang dalam penerbangan rute Tarakan-Binunang.

Selain itu, terdapat pula penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah baik oleh pemerintah maupun Nahdlatul Ulama (NU) serta kabar mengenai jumlah kerugian akibat banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat.

Berikut beberapa berita humaniora kemarin yang masih menarik disimak hari ini:

1. Pilot pesawat Smart Aviation yang jatuh di Binuang ditemukan selamat

Pilot pesawat milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh dalam penerbangan rute Tarakan-Binuang telah ditemukan dengan selamat di Binuang, Nunukan, Kalimantan Utara pada Minggu. Namun, seorang mekanik pesawat dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa itu.

2. Pemerintah tetapkan awal Ramadhan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Pemerintah lewat Kementerian Agama menetapkan bahwa awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 setelah melaksanakan Sidang Isbat di Gedung Kemenag pada Minggu. Dengan penetapan itu maka pada Senin malam umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan Shalat Tarawih.

3. PBNU umumkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa 12 Maret 2024 M

Sementara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) lewat Lembaga Falakiyah (LF) PBNU mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada tahun ini juga dilaksanakan pada Selasa, 12 Maret 2024. Ketetapan itu diperoleh berdasarkan rukyatul hilal pada Minggu petang yang dilakukan di sejumlah tempat di Indonesia.

4. Kerugian akibat banjir Pesisir Selatan diperkirakan Rp170,4 miliar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat menyatakan kerugian akibat banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Pesisir Selatan diperkirakan mencapai Rp170,4 miliar. Bencana itu juga menyebabkan 16 korban jiwa dengan tujuh orang masih dalam proses pencarian.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024