Ambon (ANTARA) - PT Pelni Cabang Ambon menyiapkan 1.300 tiket kapal gratis untuk enam rute pelayaran di kawasan Timur Indonesia dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

"1.300 tiket gratis itu untuk rute Ambon-Makassar 400 tiket, Ambon-Sorong 300 tiket, dan Ambon-Ternate 300 tiket, sedangkan rute Ambon-Banda, Ambon-Namlea, Ambon-Sanana, masing-masing 100 tiket," kata Kepala Cabang PT Pelni Cabang Ambon Ilhamda di Ambon, Rabu.

Pembagian tiket gratis ini juga sudah sesuai dengan tanggal keberangkatan kapal dan masyarakat cukup antusias dan banyak yang sebelumnya kehabisan tiket

"Yang paling banyak itu calon penumpang dengan rute Ambon-Banda, hanya saja kita tidak bisa berbuat banyak sebab tiket gratis yang disiapkan itu hanya 100 , jadi kalau ada yang mempertanyakan tiketnya sudah habis, mau bagaimana lagi terbatas," ujarnya.

Pelni juga melakukan antisipasi penumpang yang yang membeli tiket gratis yang berbayar ke oknum tertentu, karena sekarang ini juga ada calo.

Bagi penumpang yang ingin mendapatkan tiket gratis tersebut bisa langsung mendaftarkan dengan membawa KTP dan KK sesuai aturan yang berlaku, kata dia.

Ilhamda juga mengatakan, PT Pelni juga berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas pemberian tiket gratis pada enam rute di kawasan ini.

Untuk jadwal armada tiket gratis rute Ambon-Sorong dengan KM Dobonsolo pada 30 Maret 2024, Ambon-Sorong dengan KM Labobar pada 21 April,kemudian ada rute Ambon-Makassar 4 April 2024, Makassar-Ambon dengan KM Tidar pada 17 April 2024.

Kemudian ada juga rute Ternate-Ambon 30 Maret 2024 dengan KM Dorolonda, kemudian sebaliknya Ambon-Ternate pada 14 April dengan menggunakan KM.Dorolonda.

Baca juga: Pelni Ambon fasilitasi enam rute mudik gratis pada Idul Fitri 2024
Baca juga: Pelni Ambon optimalkan kapal perintis untuk transportasi Lebaran
Baca juga: Pelni Ambon tambah dua kapal untuk pelayaran Ramadhan-Idul Fitri

 

Pewarta: Winda Herman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024