Jakarta (ANTARA) - Anak usaha Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Arab Saudi, BPKH Limited, menggandeng PT Pos Indonesia dalam kerja sama pengembangan bisnis ekosistem haji dan umrah di Arab Saudi.

Direktur/Mudir BPKH Limited Sidiq Haryono mengatakan pihaknya terus mengajak BUMN Indonesia untuk mengembangkan sinergi dalam rangka mengoptimalkan bisnis pada ekosistem haji dan umrah di Tanah Suci.

"Kami telah memiliki lisensi dari Kementerian Investasi Arab Saudi (MISA) untuk menjalankan berbagai bisnis terkait dengan ekosistem haji dan umrah. Kami mengajak perusahaan Merah Putih bersinergi dengan BPKH Limited untuk bersama-sama meningkatkan layanan kepada jamaah haji dan umrah Indonesia," ujar Sidiq dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: BPKH Limited siap penuhi kebutuhan makanan siap saji untuk jamaah haji

Pengembangan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara keduanya tentang Kerja Sama Bisnis Ekosistem Haji dan Umrah di Jeddah, Arab Saudi.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan PT Pos optimistis terhadap pengembangan bisnis yang bisa dilakukan oleh kedua pihak.

Kondisi itu mengingat potensi yang sangat besar dari ekosistem haji dan umrah dan juga Pekerja Migran Indonesia (PMI). Nantinya, kerja sama ini akan berujung pada peningkatan layanan kepada jamaah termasuk devisa bagi Indonesia.

Baca juga: BPKH-mitra di Saudi jalin kerja sama investasi, perkuat ekosistem haji

"Pos Indonesia siap menjadi lead-colaborator BUMN bersama BPKH Limited dan local partner lainnya di Arab Saudi untuk menggarap banyak sekali peluang bisnis yang tidak hanya meningkatkan layanan kepada jemaah haji dan umrah," ujar dia.

Beberapa bisnis yang akan dikembangkan kedua perusahaan antara lain bisnis kargo untuk melayani pengiriman barang dari Tanah Suci ke Indonesia, pengelolaan aset komersial, penyediaan produk Indonesia untuk jamaah haji dan umrah, serta bisnis lainnya dalam rangka pelayanan jamaah haji dan umrah.

Baca juga: BPKH jajaki investasi haji dan umrah dengan kamar dagang Arab Saudi

BPKH Limited dan PT Pos Indonesia berharap jamaah haji dan umrah menjadi lebih fokus dan khusyuk dalam beribadah karena seluruh pengiriman barang jemaah ataupun oleh-oleh dari Tanah Suci sudah dikelola oleh Pos Indonesia, mulai dari penginapan di Arab Saudi sampai ke rumah jamaah di tanah air.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024