Jakarta (ANTARA) - Kehadiran aplikasi-aplikasi untuk telepon pintar yang menyediakan beragam fitur pendukung kegiatan ibadah dapat memudahkan umat Islam meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan. 

Berikut lima aplikasi bisa menemani kegiatan ibadah umat Islam pada bulan suci.

1. Muslim Pro

Muslim Pro adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna melaksanakan kegiatan ibadah sehari-hari. Fitur utama aplikasi ini meliputi jadwal shalat, Al Quran digital, kompas kiblat, bacaan doa, hingga penghitungan zakat.

Baca juga: Muslim Pro hadirkan fitur khatam Al Quran bersama saat Ramadhan

2. Al Quran, Adzan - Muslim Muna

Muslim Muna merupakan aplikasi pembelajaran Al Quran. Aplikasi ini menawarkan fitur waktu shalat, adzan, teks untuk doa, kalender Hijriah, arah kiblat, informasi tentang masjid dan restoran halal terdekat, hingga pengingat shalat malam dan puasa.

3. Qara'a Belajar Ngaji Quran

Sesuai namanya, aplikasi ini menawarkan pengalaman mempelajari Al Quran secara lebih interaktif dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Aplikasi Qara'a memiliki modul belajar yang dilengkapi dengan animasi sehingga memudahkan proses belajar huruf hijaiyah, tahsin, dan tajwid.

Selain itu, ada fitur setor ayat. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan rekaman suara saat belajar dan membaca Al Quran. Rekaman itu selanjutnya akan  mendapat umpan balik dari para penghafal Al Quran bersertifikat.

Baca juga: Aplikasi MyQuran hadirkan fitur baru

4. Counter Tasbih Digital

Aplikasi ini membantu pengguna menghitung bacaan zikir, termasuk saat membaca nama-nama Allah, salawat, dan tasbih setelah shalat.

Aplikasi Counter Tasbih Digital akan mencatat zikir dan menyimpannya dalam bentuk jumlah zikir, tanggal, dan nama zikir.

Apabila pengguna menutup aplikasi ini, angka hitungan zikir tidak akan dihapus. Saat aplikasi dibuka kembali, angka hitungan zikir akan tampil di layar. Pengguna tinggal menekan tombol agar angka kembali berdetak.

5. Ruang kajian - Pahami Islam

Aplikasi ini berisi kumpulan siniar kajian Islam dari dai. Pengguna dapat mendengar ceramah agama dari dai seperti Ustadz Subhan Bawazier, Ustadz Abi Makki, dan Ustadz Oemar Mita.

Baca juga: Aplikasi Tafsir Al-Mishbah memudahkan upaya belajar Al Quran
Baca juga: Belajar Al Quran dan hadits lewat aplikasi Aminin

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024