Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora di Tanah Air terjadi di Indonesia sepanjang Rabu (13/3). Di antaranya, BNPB melaporkan hingga Rabu (13/3) siang, terdapat 28 orang meninggal dan lima orang yang hilang akibat bencana banjir di Sumatera Barat hingga Pimpinan Majelis Nurul Musthofa, Habib Hasan bin Ja'far Assegaf meninggal dunia.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
BNPB: Hingga Rabu, 28 orang meninggal dan 5 hilang akibat banjir Sumbar
 
Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Rustian melaporkan bahwa hingga Rabu (13/3) siang, terdapat 28 orang meninggal dan lima orang yang hilang akibat bencana banjir yang melanda Sumatera Barat.
 
"Tadi dilaporkan juga oleh Pak Bupati Padang Pariaman, tambah satu lagi yang meninggal, berarti totalnya semua ya bukan 32, jadi 33. Jadi artinya, 28 jadinya yang meninggal, dan lima yang hilang," ujar Rustian saat ditemui media usai rapat tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (13/3).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Menko PMK: Pengeras suara masjid jangan sampai ganggu lingkungan
 
Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengimbau agar penggunaan pengeras di masjid dapat dilakukan sewajarnya baik saat azan maupun shalat.
 
"Pokoknya gunakanlah pengeras sewajarnya, tapi jangan sampai mengganggu lingkungan. Misalnya gunakanlah yang keras pada waktu azan, misalnya memanggil orang shalat," kata Menko PMK Muhadjir Effendy saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Tim SAR mulai cari 22 kru kapal yang tenggelam di Selayar Sulsel
 
Tim kantor pencarian dan pertolongan (SAR) Makassar, Sulawesi Selatan menyatakan proses pencarian sebanyak 22 orang kru kapal motor (KM) Dewi Jaya II yang hilang di perairan laut dimulai pada Rabu (13/3) pagi.
 
Sebanyak 22 orang kru tersebut dinyatakan hilang setelah kapal yang mereka kendarai untuk menangkap ikan terbalik dihantam angin dan gelombang tinggi di wilayah Perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Bahasa Suku Sekak di Pulau Bangka terancam punah
 
Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan bahasa Suku Sekak terancam punah karena semakin berkurangnya warga suku tertua di Pulau Bangka itu bertutur menggunakan bahasa tersebut.
 
"Kita akan segera mendokumentasikan kosa kata bahasa Suku Sekak ini agar tidak punah," kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Babel Muhammad Irsan di Pangkalpinang, Rabu (13/3).
 
Selengkapnya baca di sini.

Pimpinan Majelis Nurul Musthofa Habib Hasan Assegaf tutup usia
 
Salah seorang ulama terkemuka di Indonesia, Pimpinan Majelis Nurul Musthofa, Habib Hasan bin Ja'far Assegaf meninggal dunia di usia ke-47 tahun pada Rabu, 13 Maret 2024.
 
Berita tentang meninggalnya Habib Hasan disiarkan melalui akun resmi instagram Rabithah Alawiyah @rabithah_alawiyah sekitar pukul 10.00 WIB. Informasi tersebut dikonfirmasi oleh Habib Abdallah bin Ja'far Assegaf selaku perwakilan keluarga.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024