Semarang (ANTARA) - Arus lalu-lintas di jalur pantura Pulau Jawa, yaitu di Jalan Kaligawe, Semarang, dialihkan menyusul genangan banjir cukup tinggi akibat hujan deras yang melanda ibu kota Jawa Tengah itu sejak Rabu (13/3) hingga Kamis.

Kepala Satuan Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, mengatakan, arus kendaraan dari Semarang ke Demak dan sebaliknya pada hari kedua bulan suci puasa 1445 Hijriah ini untuk sementara dialihkan.

Baca juga: Dua kereta api tujuan Malang terlambat akibat banjir Semarang

Menurut dia, ketinggian air mulai dari terowongan tol Muktoharjo hingga depan RS Islam Sultan Agung di Semarang mencapai 70 cm.

Ia menjelaskan kendaraan dari arah Demak diarahkan melalui Jalan Walter Monginsidi kemudian masuk kembali ke jalan tol melalui pintu tol Gayamsari. "Demikian juga arus kendaraan sebaliknya dari Semarang yang akan menuju Demak," katanya.

Baca juga: Sejumlah KA ke Surabaya alami keterlambatan akibat banjir Semarang

Adapun kendaraan dari arah barat yang akan menuju Demak melalui jalur arteri Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang juga dialihkan melalui jalan tol Krapyak.

Selain Jalan Kaligawe, akses menuju Bandara Jenderal Ahmad Yani di Semarang di wilayah Puri Anjasmoro Semarang juga tergenang.

Baca juga: Penumpang KA dialihkan akibat Stasiun Semarang Tawang banjir

Yunaldi mengatakan, arus kendaraan menuju bandara dialihkan melalui sisi samping jalan layang Madukoro. "Kendaraan dari simpang SPBU Puri Anjasmoro diarahkan ke barat menuju flyover Madukoro, kemudian melalui samping mengarah ke bandara," katanya.

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda Semarang dan sekitarnya sejak Rabu siang (13/3) hingga Kamis. Sejumlah kawasan di Semarang tergenang air serta pohon tumbang di berbagai titik akibat hujan yang disertai angin kencang.

Baca juga: KA Pandalungan terlambat enam jam di Stasiun Jember dampak banjir

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024