Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berupaya memenuhi kebutuhan para pengungsi banjir di wilayah Kudus, Jawa Tengah, dengan menyalurkan bantuan Paket Ramadhan Bahagia (PRB), Hidangan Berkah Ramadhan (HBR), dan juga hidangan berbuka puasa.

"Kami berharap, bantuan PRB, HBR juga hidangan berbuka bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak banjir di posko pengungsian banjir Kudus, dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan," kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Saidah mengatakan Paket Ramadhan Bahagia dan bantuan makanan siap saji yang disalurkan tersebut bukan hanya bantuan materi, namun juga sebuah pesan bahwa di tengah kesulitan, para korban banjir tidak sendiri.

"Bahwa ada tangan-tangan yang siap membantu, dan ada hati yang penuh dengan kebaikan untuk menopang satu sama lain," ucapnya.

Baca juga: Pengeringan genangan banjir Demak-Kudus dikebut selesai tiga hari

Baca juga: Jumlah warga yang mengungsi di Kudus akibat banjir capai 5.014 jiwa


Saidah menyebutkan banjir yang melanda wilayah Kudus merupakan duka yang mendalam bagi semua. Banyak keluarga yang terdampak secara langsung oleh bencana alam ini, kehilangan tempat tinggal, harta benda, hingga sanak saudara.

"Kita sangat prihatin terhadap bencana ini, ternyata cukup ekstrem. Tidak hanya menenggelamkan banyak rumah di tiga kecamatan, tapi juga sawah, sehingga banyak gabah membusuk, jadi kerugian yang dialami masyarakat cukup besar," ujarnya.

Saidah menegaskan BAZNAS RI akan berupaya semaksimal mungkin membantu para korban dengan menyediakan berbagai layanan kemanusiaan yang dibutuhkan masyarakat.

Tak hanya itu, Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) juga telah membantu proses evakuasi warga, menyediakan layanan dapur umum, dapur air, hingga makanan siap saji bagi warga terdampak banjir di Kudus.

Tim BTB juga telah menyalurkan Hidangan Berkah Ramadhan untuk berbuka puasa yang disalurkan di pos pengungsi Desa Pasuruan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, dan menyalurkan porsi Hidangan Berkah Ramadhan di Pos Pengungsi Gedung JHK/IPHI Kabupaten Kudus.*

Baca juga: Bupati: Pasokan elpiji 3 kg untuk Kudus aman tidak terpengaruh banjir

Baca juga: Pemkab Kudus hibur anak-anak di pengungsian dengan memberikan mainan

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024