Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama (Kemenag) RI Kamaruddin Amin mengukuhkan dewan hakim dan panitera penyelenggaraan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Ke-54 Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) tingkat nasional. 

"Aktivitas yang sedang dan akan kita lakukan tentu tidak hanya penting, tapi juga akan memiliki dampak yang sangat fundamental," katanya di Jakarta, Kamis.
 
PTQ Ke-54 LPP RRI tingkat nasional akan digelar di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta pada 21-25 Maret 2024 dengan mengusung tema Internalisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Bagi Generasi Milenial Menuju Indonesia Emas.  
 
Kamaruddin menilai tema tersebut memiliki relevansi yang erat dalam menuju kemajuan Bangsa Indonesia.
 
"Karena nilai-nilai Al Quran adalah nilai yang terus relevan, nilai yang terus dibutuhkan secanggih apapun kemajuan peradaban manusia, secanggih apapun teknologi informasi, nilai-nilai Al Quran tidak pernah usang," ujarnya.    
 
Sementara, Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pihaknya dalam melakukan syiar Islam, khususnya pada bulan Ramadhan. 
 
"Kita bekerja sama dengan jaringan ponpes se-Indonesia, jadi ini para (pesertanya) generasi muda ya. Kita punya harapan banyak kepada mereka calon pimpinan bangsa ya, jadi ini yang menjadi salah satu kekhasan," ujarnya.
 
Dalam kesempatan ini, terdapat sebanyak 13 orang Dewan Hakim dan 11 orang panitera dikukuhkan. Seluruhnya mewakili empat cabang perlombaan, di antaranya lomba tilawah, tahfidz, tausiah, dan tartil difabel sensorik netra.
 
Sebanyak 4.321 peserta dari 70 satuan kerja (satker) RRI dari seluruh Indonesia telah mengikuti seleksi lomba tingkat wilayah.
 
Selanjutnya masing-masing satker mengirimkan perwakilan sebanyak satu orang laki-laki dan perempuan dari setiap cabang perlombaan agar dapat dilombakan di babak final.

Baca juga: Kemenag gelar PeaceSantren suarakan pesan damai lewat musik

Baca juga: Dirut LPP RRI: PTQ Nasional ke-53 menyemarakan bulan Suci Ramadhan

Baca juga: Sultra tuan rumah penyelenggara Pekan Tilawatil Quran Nasional 2023

 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024