Sudah pasti Megawati akan memutuskan kebijakan yang paling tepat buat masa depan PDIP dan masa depan Jokowi."
Jakarta (ANTARA News) - Seorang pengamat politik menegaskan, wacana pencapresan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo (Jokowi) agar benar-benar maju sebagai bakal calon presiden (captres) pada Pemilu 2014, sangat tergantung pada keputusan DPP PDIP.

Jeffry Geovanie, anggota Dewan Penasehat CSIS (Center for Strategic and International Stuadies) mengatakan hal tersebut dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

"Saya tidak percaya Jokowi akan tetap maju jadi bakal capres 2014 bila Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak mengizinkan dirinya," ujarnya.

Menurut Jeffry, justru kekuatan elektabilitas Jokowi itu salah satunya adalah ketaatannya pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, karena hampir mustahil Jokowi akan beseberangan dengan Megawati.

"Boleh saja Jokowi adalah capres paling diunggulkan saat ini, namun apakah Jokowi akan maju jadi capres di 2014 sangat bergantung pada keputusan Megawati bukan pada keputusan Jokowi sendiri," katanya.

Jeffry mengingatkan, perjalanan politik Megawati Soekarnoputri sudah sangat panjang, karena Megawati adalah politisi senior yang paling matang saat ini.

"Sudah pasti Megawati akan memutuskan kebijakan yang paling tepat buat masa depan PDIP dan masa depan Jokowi," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013