Ajarkan anak untuk berani mengungkapkan pendapat mereka
Jakarta (ANTARA) - Polisi mengajak para orang tua agar menjalin komunikasi yang baik dengan anak sehingga dapat menghindarkan anak dari potensi tindakan kriminal.

"Ajarkan anak untuk berani mengungkapkan pendapat mereka dan menyatakan perasaan serta emosinya kepada orang lain," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan saat dihubungi, di Jakarta, Jumat. 

Menurut dia, peran orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak sehingga jika diberikan kesempatan menyampaikan perasaan maka anak akan berani melakukan penolakan.

"Termasuk penolakan ajakan kawan melakukan tawuran, narkoba, serta aksi kriminal lainnya," kata dia.

Baca juga: Polisi libatkan masyarakat bentuk pos terpadu cegah aksi tawuran

Sementara, jika anak tidak diberikan kesempatan itu maka anak akan tumbuh permisif dan menerima ajakan negatif dari kawan-kawannya.

"Rasa tidak enak untuk menolak ajakan kawan meski yang dilakukan adalah hal buruk. Ini tentu harus menjadi perhatian orang tua," kata dia.

Ia mengatakan komunikasi orang tua yang buruk dapat memicu anak untuk melakukan hal negatif sehingga komunikasi ini yang harus diperbaiki.

"Jalin kedekatan dan komunikasi dua arah dengan anak sehingga mereka dapat terhindar dari aksi negatif yang bisa berujung pidana," kata dia.

Baca juga: Polisi: Media sosial jadi ajang pamer aksi tawuran di antara remaja

Termasuk, aksi tawuran yang kerap terjadi, menurut dia, ini perlu peranan seluruh pihak agar aksi ini tidak lagi berulang dan memberikan dampak buruk bagi mereka.

"Penguatan keluarga dan penguatan lingkungan menjadi kunci dalam menjaga lingkungan dari aksi negatif yang berujung tindak pidana," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024