Pak Jokowi adalah seorang gubernur yang menciptakan harapan sebenarnya kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta menilai Jakarta membutuhkan sosok Presiden Joko Widodo baru untuk calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Kita tentu ingat di tahun 2012, ketika Pak Jokowi terpilih itu, Pak Jokowi adalah seorang gubernur yang menciptakan harapan sebenarnya kepada masyarakat," kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI William Aditya Sarana kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

William menyebut Jokowi merupakan sosok yang sangat dekat dengan rakyatnya dan langsung memahami permasalahan di lapangan.

Menurut dia, kriteria tersebut mutlak dibutuhkan mengingat Jakarta akan masuk ke era baru setelah nanti tidak berstatus sebagai ibu kota. 

"Dan untuk pertama kalinya saya kira seorang gubernur itu sangat dekat dengan rakyatnya, enggak ada batas ataupun enggak ada sekat," ujarnya.

William juga menilai filosofi kepemimpinan Jokowi ketika memimpin Jakarta terbukti memberikan manfaat bagi masyarakat Jakarta saat ini, seperti MRT, Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

“Program-program tersebut bisa lahir tentu karena Pak Jokowi paham permasalahan di masyarakat dan berani untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat,” tambahnya.

Fraksi PSI Jakarta juga akan segera mencari sosok calon gubernur yang dinilai mempunyai nilai yang sama dengan Jokowi dan juga mengerti permasalahan di Jakarta dan cara menyelesaikannya.

William menuturkan sejatinya PSI sempat mengusung Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Presiden Jokowi dalam Rembuk Rakyat Jakarta pada tahun lalu, sebagai calon gubernur Jakarta. Namun, karena saat ini Gibran turut serta dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, maka PSI akan segera mencari sosok lain untuk bisa diusung dalam Pilkada Jakarta.

“Sebetulnya kami sudah melakukan hal ini di 2023 lalu dengan Rembuk Rakyat Jakarta yang menghasilkan nama Mas Gibran sebagai calon gubernur ideal menurut konstituen kami, namun Mas Gibran menerima amanah yang lebih besar saat ini, jadi kami akan segera mencari sosok yang tepat untuk menjadi calon gubernur Jakarta selanjutnya," ujar William.

Baca juga: Mendagri tegaskan sikap pemerintah soal gubernur DKJ dipilih langsung

Sebelumnya, Anggota fraksi Partai Solidaritas Indonesia DKI Jakarta Simon Lamakadu menilai kehadiran Kaesang Pangarep sebagai ketua memberikan pengaruh naiknya suara partai secara nasional.

"Mas Kaesang itu juga memberi dampak signifikan untuk kenaikan suara PSI," kata anggota fraksi PSI DKI Simon Lamakadu kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Baca juga: Golkar siapkan dua kader maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024