Jakarta (ANTARA) - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia/PII (Persero) kembali mendapat pengakuan melalui pencapaian prestisius dalam Anugerah BUMN ke-13 2024 dalam upaya untuk terus meningkatkan eksistensi sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI.

Pada kesempatan ini, PT PII berhasil membawa pulang penghargaan pada kategori Tata Kelola atau Good Corporate Governance (GCG).

“Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi PT PII agar lebih meningkatkan dan mendorong implementasi kepatuhan serta tata kelola perusahaan yang baik melalui berbagai inisiatif, juga mengintegrasikan tata kelola yang baik, manajemen risiko, dan kepatuhan di dalam perusahaan,” Direktur Utama PT PII (Persero) M. Wahid Sutopo dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Penghargaan ini adalah bukti dari evaluasi ketat yang dilakukan pada rangkaian penjurian dengan mempertimbangkan berbagai aspek Kepatuhan Tata Kelola Perusahaan termasuk kebijakan, pedoman, struktur, dan proses implementasi praktik-praktis tata kelola yang baik beserta hasilnya.

Dikatakan, pencapaian ini merupakan wujud upaya dari segenap manajemen dan seluruh karyawan perusahaan untuk secara berkelanjutan menerapkan implementasi kepatuhan tata kelola yang sejalan dengan peran perseroan dalam pengelolaan risiko untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang memberikan manfaat besar untuk masyarakat.

Acara ini merupakan sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh BUMN Track didukung PPM Management, sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan bisnis berkelanjutan, untuk mendorong prestasi dan peningkatan standar operasional BUMN. Anugerah BUMN ke-13 tahun ini mengangkat tema “Bisnis Reinvention untuk Optimalisasi Peluang Bisnis di Industry 4.0”.

Sebagai penghargaan nasional yang diakui dalam lingkup BUMN, Anugerah BUMN telah diadakan selama 13 kali sejak tahun 2016. Pada kompetisi tahun ini, dewan juri independen yang berasal dari kalangan akademisi serta ahli dari beragam bidang industri yang berpengalaman dalam dunia BUMN, seperti mantan Menteri BUMN pertama, Tanri Abeng, terlibat dalam penilaian berdasarkan serangkaian kriteria umum dan khusus.

Sebanyak 105 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2024, dan mengerucut menjadi 86 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi korporasi.

Selain itu, di bulan yang sama PT PII berhasil meraih penghargaan pada ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) kategori PR Department – Bronze Winner yang diselenggarakan oleh PR Indonesia di Denpasar.

Penghargaan ini merupakan hasil dari penjurian yang dilaksanakan pada 23-26 Januari 2024, di mana penilaian didasarkan pada aspek organisasi kehumasan termasuk peran kehumasan di dalam organisasi, strategi komunikasi, program kehumasan serta indikator keberhasilan dari strategi komunikasi perusahaan.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024