Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menghadirkan program beasiswa kuliah bagi anak-anak transmigran yang berprestasi.
 
"Kami membuka kesempatan bagi putra dan putri transmigran yang berprestasi dan memiliki kemauan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D4 maupun S-1 melalui Program Penjaringan Siswa Berprestasi di Kawasan Transmigrasi (PPSBKT)," kata Sekretaris Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Sigit Mustofa Nurudin dalam keterangan seleksi Beasiswa PPSBKT 2024 di Jakarta, Senin.
 
Berikutnya, Sigit menjelaskan seleksi Program Penjaringan Siswa Berprestasi di Kawasan Transmigrasi (PPSBKT) itu meliputi beberapa tahapan, yakni seleksi administrasi, seleksi penerimaan mahasiswa baru atau seleksi nasional bagi pendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) serta seleksi mandiri bagi pendaftar perguruan tinggi swasta (PTS), dan pengumuman.
 
Bagi anak-anak di kawasan transmigrasi yang berminat memperoleh beasiswa kuliah di perguruan tinggi mitra Kemendes PDTT tersebut, kata dia melanjutkan, mereka dapat mendaftarkan diri melalui tautan bit.ly/daftarPPSBKT2024 atau mengirimkan berkas pendaftaran secara luring.

Baca juga: Kemendes akan kaji pinjaman luar negeri kembangkan area transmigrasi

Baca juga: Anggota DPR sarankan pemberdayaan BUMDes kurangi tingkat kemiskinan
 
Berkas pendaftaran dapat dikirimkan secara luring kepada Tim Seleksi Pusat PPSBKT Cq. Direktorat Pengembangan Satuan Permukiman dan Pusat Satuan Kawasan Pengembangan, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kemendes PDTT di Jalan TMP Kalibata Nomor 17 Jakarta Selatan 12750.
 
Sigit menyampaikan pula berkas pendaftaran dapat dikirim baik secara daring maupun luring paling lambat hingga tanggal 26 April 2024.
 
"Seluruh dokumen pendukung wajib dilengkapi dan diunggah ke Siditrans https://siditrans.kemendesa.go.id/ atau dikirim ke alamat yang sudah ditentukan untuk proses verifikasi lebih lanjut," kata dia.
 
Berkenaan dengan informasi lebih lanjut, panduan lengkap mengenai pendaftaran beasiswa itu serta syarat dokumen yang harus diunggah atau dikirim dapat diakses melalui laman bit.ly/downloadPPSBKT2024.*

Baca juga: Anggota Komisi V DPR-RI harap anggaran Kemendes PDTT ditingkatkan

Baca juga: Mendes: Realisasi anggaran Kemendes tahun 2023 capai 98,13 persen

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024