Ankara (ANTARA) - Sebuah acara peringatan digelar pada Minggu di Belanda untuk anak-anak Palestina yang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza.

Sekitar 14 ribu pasang sepatu anak-anak diletakkan di Lapangan Vredenburg di Kota Utrecht oleh Yayasan Penanaman Pohon Zaitun untuk melambangkan korban tragis dari konflik tersebut.

Setiap 10 menit, sepasang sepatu ditambahkan ke pajangan, melambangkan frekuensi pembunuhan anak-anak yang mengkhawatirkan di wilayah tersebut.
 

Pada Jumat, Dana Anak-anak PBB (UNICEF) mengatakan jumlah anak-anak di bawah usia dua tahun yang menderita kekurangan gizi akut di Jalur Gaza utara meningkat dua kali lipat dalam sebulan.

Israel melancarkan serangan militer mematikan di Gaza sejak serangan lintas batas yang dilakukan kelompok Hamas Palestina pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Lebih dari 31.600 warga Palestina, yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak saat itu telah tewas di daerah kantong tersebut, dan hampir 73.700 orang lainnya luka-luka di tengah kehancuran massal dan kelangkaan kebutuhan bahan pokok.

Perang Israel telah memaksa 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap sebagian besar makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur daerah itu telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituding melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Putusan sementaranya pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan aksi genosida dan mengambil langkah untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan disalurkan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: UNICEF: Lebih 13.000 anak tewas dalam serangan Israel di Gaza
Baca juga: Bantuan tiba di Kota Jabalia untuk pertama kali dalam beberapa bulan

Penerjemah: Katriana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024