Kami mengerahkan tim perawat dan relawan, menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Jakarta Barat (PMI Jakbar) menyediakan layanan kesehatan bagi penyintas kebakaran di RW 03 Kota Bambu Utara, Palmerah, Jakarta Barat, Senin.

Layanan kesehatan tersebut dengan menyediakan perawat, relawan PMI, obat-obatan, dan ambulans gawat darurat di lokasi pengungsian korban kebakaran Masjid Al Ikhlashul Karim.

"Kami mengerahkan tim perawat dan relawan, menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan, termasuk mobil ambulans gawat darurat," kata Ketua PMI Jakarta Barat, Beky Mardani di Jakarta, Senin.

Beky mengatakan mayoritas pengungsi mengalami penyakit hipertensi, nyeri otot (mialgia), kolesterol,  pusing, serta batuk bukan pneumonia.

"Warga yang cek kesehatan itu delapan orang, enam pria dan dua perempuan. Empat orang hipertensi," ujar Beky.

Kartawijaya (70), seorang penyintas kebakaran yang tinggal di RT 05 RW 03 mengaku pasrah dengan kondisi keluarganya yang masih mengungsi pasca musibah kebakaran yang terjadi pada Minggu (17/3) dini hari.

"Sebelum kebakaran, saya punya riwayat sakit darah tinggi dan kolesterol. Ketika terjadi kebakaran, saya berusaha tenang. Meski rumah terbakar, yang penting anak dan istri saya selamat," ujar Kartawijaya.

Ketika layanan kesehatan PMI Jakbar dibuka, Kartawijaya segera melakukan skrining kesehatan.

"Setelah diperiksa, ternyata saya mengalami hipertensi. Tensi darah naik dan kepala pusing. Terus saya diberikan sejumlah obat dan istirahat yang cukup," kata dia.

Diketahui, PMI Jakbar telah mengirimkan bantuan logistik kepada penyintas kebakaran RW 03 KBU, Minggu (17/3). Bantuan yang dikirim berupa 50 Kg Beras, tiga kardus mi Instan, satu kardus biskuit, dua kardus susu kotak, tiga kadus sabun, 25 paket Higiene Kit, lima kardus air mineral, satu kardus saos botol.

PMI Juga memberikan layanan mobil ambulans yang melayani pertolongan pertama kepada enam orang warga yang terluka akibat kebakaran.
Baca juga: 95 unit rumah di Palmerah dilanda kebakaran
Baca juga: Sebuah minimarket di Palmerah terbakar
Baca juga: Arus pendek sebabkan kebakaran 15 rumah di Palmerah

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024