Ini menjadi sebuah pengalaman berharga untuk tim kami dalam perkembangan mengikuti kemajuan teknologi yang dapat diterapkan pada wahana kami
Solo (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Tim Bengawan UV Fakultas Teknik meraih penghargaan pada kompetisi robot tingkat internasional di Amerika Serikat.

Ketua Bengawan UV Daffa di Solo, Jawa Tengah, Selasa mengatakan ada beberapa penghargaan yang berhasil diraih pada International Roboboat Competition 2024 di Florida, Amerika Serikat.

"Pada kompetisi tersebut kami berhasil melaju lebih jauh ke babak final dan memperoleh 6th place of autonomy challenge award dari 18 tim di dunia. Selain itu juga ada beberapa penghargaan lain, seperti 3rd overal design, 4th website, 4th technical design report, 4th place team video, dan 5th place system assessment," katanya.

Ia mengatakan pada lomba Autonomous Survace Vehicle tersebut diikuti sebanyak 18 tim dari berbagai negara.

"Dan pada keikutsertaan kami yang kedua ini berhasil meraih peringkat 6th place of autonomy challenge award," katanya.

Anggota lain Tim Bengawan UV Linggar mengatakan ada beberapa kendala yang dialami oleh tim tersebut.

"Karena kami mengikuti secara on site (di tempat), tentunya tidak mudah dan tidak murah. Meski demikian, di sini kami berusaha menunjukkan bahwa tim ini mampu bersaing dengan tim-tim lain di seluruh dunia," katanya.

Menurut dia, melalui kompetisi tersebut Tim Bengawan UV sekaligus mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi dan bertukar ilmu dengan peserta dari mancanegara.

"Ini menjadi sebuah pengalaman berharga untuk tim kami dalam perkembangan mengikuti kemajuan teknologi yang dapat diterapkan pada wahana kami," katanya.

Baca juga: Dua prodi FISIP UNS raih akreditasi internasional
Baca juga: Menteri Nadiem apresiasi keterlibatan UNS pada program Kampus Merdeka
Baca juga: Guru Besar FH UNS dilantik menjadi Ketua Komisi Kejaksaan RI

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024