Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari, Jakarta Barat, membuka pendaftaran operasi gratis untuk bibir sumbing, sumbing langit-langit dan operasi perbaikan sumbing.

Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Tamansari, dr. Ngabila Salama menjelaskan, pihaknya membuka kuota operasi gratis bagi 20 orang.

"Kuota operasi bibir sumbing 20 orang dengan satu hari pelaksanaan operasi. Untuk estimasi waktu pelaksanaannya itu minggu ketiga atau keempat April 2024," kata Ngabila saat dihubungi di Jakarta pada Selasa.

Untuk mengadakan operasi tersebut, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pihak, seperti Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), Dompet Dhuafa, Smile Train Indonesia dan beberapa pihak lainnya.

"Misalnya Dompet Dhuafa itu menyumbang dana Rp12 juta untuk operasi itu," kata Ngabila.

Baca juga: Polres Jakbar lakukan operasi bibir sumbing bagi warga

Ia juga merinci beberapa syarat agar dapat mengikuti operasi tersebut, seperti lolos skrining kesehatan praoperasi yang dilakukan satu hari sebelum operasi.

"Usia minimal tiga bulan untuk bibir sumbing dengan berat badan minimal lima kilogram dan usia minimal satu tahun untuk sumbing langit-langit dengan berat badan minimal 10 kilogram," kata Ngabila.

Kemudian, pendaftar menyertakan fotokopi KTP atau kartu keluarga (KK) jika ada dan tidak diperlukan kartu BPJS. Adapun untuk pendaftaran dapat menghubungi nomor WA RSUD Tamansari, yakni 085892481576.

Ngabila juga menjelaskan perbedaan antart operasi bibir sumbing, sumbing langit-langit dan perbaikan sumbing.

"Operasi bibir sumbing dilakukan mulai usia tiga bulan ke atas dengan maksimal usia 60 tahun," kata dia.
​​​​​​
Baca juga: Sandiaga dampingi relawan Ok Oce yang operasi bibir sumbing

Sementara operasi sumbing langit-langit, dilakukan mulai usia satu tahun ke atas dengan maksimal 20 tahun. "Bisa juga dilakukan operasi untuk yang memiliki kelainan keduanya," kata Ngabila.

Kemudian, operasi perbaikan bibir sumbing dikhususkan untuk dewasa yang selama ini sudah pernah menjalani operasi akan tetapi perlu diperbaiki secara medis atau estetika.

Lama operasi bibir sumbing 30 menit, tidak perlu menginap dan bisa langsung pulang. Untuk sumbing langit-langit lama operasi 45 menit dan menginap satu malam sesudah operasi di RSUD.

"Untuk keduanya lama operasi sekitar satu jam," katanya yang menambahkan bahwa operasi dilakukan oleh para dokter spesialis bedah plastik handal mitra Smile Train Indonesia.

"Dokter yang punya pengalaman minimal 1.500 operasi bibir sumbing," kata dia.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024