Jakarta (ANTARA) - Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan mengungkapkan masih menghadapi kendala adaptasi cuaca di Korea Selatan yang saat ini masih musim dingin sehingga ia belum tampil bersama klub barunya, Suwon FC.

Didatangkan Suwon pada pertengahan Januari dari klub Jepang Tokyo Verdy, hingga pekan ketiga K-League 1 ini Arhan belum masuk skuad Suwon yang dari tiga laga mendapatkan satu kemenangan dan dua hasil imbang tersebut.

"Ya mungkin karena perbedaan cuaca juga sih, perbedaan suhu juga kan di sana musim dingin, di sini musim panas, waktu itu terus pindah ke sana, itu masih buat penyesuaian saya sih," kata Arhan, ketika ditemui ANTARA di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa.

Dengan ini, Arhan juga harus lebih bersabar mendapatkan menit bermainnya kembali bersama klub setelah terakhir kali berlaga bersama klub sekitar tujuh bulan yang lalu ketika masih membela Tokyo Verdy di J2 League atau kasta kedua sepak bola Jepang.

"Kalau Liga Jepang lebih detail, kalau Liga Korea lebih fisikal," ucapnya.

Lebih lanjut, kurangnya menit bermain di klub sama sekali tak memengaruhi kebugarannya memperkuat timnas Indonesia jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 21 Maret dan di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret.

Hal ini juga berlaku saat mantan bek PSIS Semarang itu tampil penuh di seluruh laga penyisihan grup Piala Asia 2023 di Qatar pada Januari ketika pada waktu yang bersamaan ia sudah lama tak bermain untuk klubnya saat itu Tokyo Verdy.

"Tidak terlalu berpengaruh sih karena memang di sana saya latihan setiap hari, ada friendly match, terus juga saya juga selalu jaga kondisi dengan baik dan di sini pun persiapannya juga sangat baik dan saya juga belajar banyak hal di sana," tutupnya.

Baca juga: Arhan tak terbebani persaingan ketat di timnas seusai Nathan jadi WNI
Baca juga: Asnawi bermain 61 menit bersama Port, Arhan kembali tak masuk skuad
Baca juga: Marselino sambut baik kedatangan Thom Haye

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024