Meskipun persediaan darah aman, Bulan Ramadan kami tetap roadshow ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal
Depok (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Jawa Barat mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melakukan donor darah selama Bulan Ramadan agar persediaan darah tetap terjaga.

"Meskipun persediaan darah aman, Bulan Ramadan kami tetap roadshow ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal," kata Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz di Depok, Kamis.

Layanan donor darah tetap dibuka selama Ramadan agar ketersediaan darah tetap aman hingga pertengahan April atau setelah Lebaran 2024.

Baca juga: PMI Medan: Sementara stok darah aman untuk kebutuhan Ramadhan

Menurut dia, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat dan bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama Ramadan bisa di pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat.

Dikatakannya Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa. Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah.

Baca juga: Dokter: Cek gula darah mandiri saat puasa penting bagi pasien diabetes

Ia mengatakan, pihaknya sudah sejak jauh-jauh hari sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga ketersediaan stok darah.

Misalnya sejak Januari hingga Maret 2024, kami sudah kebut untuk ketersediaan darah di Bulan Ramadan. Insyaallah, stok darah aman. Bulan ini pun kami masih kejar dengan program Mobile Unit (MU) dengan menyasar rumah ibadah.

Dudi menjelaskan, jumlah kantong darah yang tersedia hingga hari ini ada sebanyak 218 kantong darah, yang terdiri dari semua jenis golongan. Yaitu golongan A sebanyak 40 labu darah, golongan B sebanyak 80 labu, golongan O sebanyak 85 dan golongan darah AB sebanyak 13.

Baca juga: Fitur pengukur tekanan darah hadir di Apple Watch tahun ini?

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024