Samarinda (ANTARA) -
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menyiagakan layanan istimewa "Doctor on Call" dengan nomor panggilan 119 selama libur Lebaran dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika ada kejadian kegawatdaruratan.
 
"Jika ada kejadian kegawatdaruratan di wilayah Samarinda dan memerlukan layanan cepat, silakan menghubungi 'Doctor on Call' di nomor 119, bebas pulsa," kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Samarinda dr Meliyani Agustini di Samarinda, Kamis.
 
Ia memastikan panggilan akan diterima langsung oleh tenaga kesehatan yang bertugas. Di "Doctor on Call" tersebut ada dokter, perawat, dan bidan. Bahkan juga ada ambulans dan sopirnya jika keadaan darurat mengharuskan ada penjemputan untuk dirujuk ke unit gawat darurat (UGD).
 
Pelayanan ini tersedia 24 jam selama delapan hari pada 8-15 April 2024 dan tidak mengenal cuti bersama atau libur Lebaran.
 
"Silakan ditelepon, nanti akan diarahkan oleh petugas, apakah pasien harus dirujuk atau tidak. Jika tidak berat atau punya obat sendiri, bisa diarahkan dokter, tapi jika perlu rujukan kami dari 'Doctor on Call' siap membantu rujukan ke rumah sakit," katanya.
 
Ia juga mengatakan bahwa semua layanan ini gratis jika pasien memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
Meli juga berpesan kepada masyarakat yang akan mudik ke Samarinda, jika di tempat asal memiliki obat-obatan pribadi atau obat yang terbiasa dikonsumsi, sebaiknya dibawa, karena dikhawatirkan stok obat di Samarinda tidak sama atau tidak tersedia seperti yang biasa dikonsumsi oleh pemudik.

Baca juga: BPJS Kesehatan tetap berikan layanan JKN selama libur Lebaran 2024

Baca juga: BPJS Kesehatan beri kemudahan layanan selama libur Lebaran 8-15 April

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024