Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) langsung memberikan kesempatan debut kepada dua pemain anyarnya Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On pada laga pertama melawan Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis pukul 20.30 WIB.

Dalam susunan pemain melawan Vietnam, STY tidak berpikir lama untuk menempatkan Idzes dan Nathan sejak menit pertama.

Idzes mengisi posisi bek tengah yang ditinggalkan Elkan Baggot dan Jordi Amat yang absen karena cedera. Sementara itu, Nathan mengambil alih posisi bek kiri dari Pratama Arhan yang selalu tampil penuh di penyisihan grup Piala Asia 2023.

Dengan masuknya kedua pemain yang merumput di kompetisi Eropa itu di starter, maka STY pada laga ini tercatat melakukan enam perubahan dalam sebelas pertamanya melawan The Golden Stars dari laga terakhir saat menang 1-0 di Piala Asia 2023 Qatar 19 Januari yang lalu.

Selain Idzes dan Nathan, pelatih asal Korea Selatan itu juga memasukkan Muhammad Adi Satryo yang akan membuat caps keduanya bersama timnas senior sejak menit awal serta memasukkan Rizky Ridho, Witan Sulaeman, dan Hokky Caraka.

Sebanyak lima pemain yang menghuni starter pada pertemuan dengan Vietnam di Piala Asia 2023 dan juga tampil sejak awal pada laga ini adalah Justin Hubner, Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Ivar Jenner.

Saat ini, Indonesia berada di posisi buncit klasemen sementara Grup F dengan satu poin, hasil laga imbang 1-1 melawan Filipina pada 21 November 2023. Sementara Vietnam, tim peringkat 105 dunia itu berada di posisi kedua dengan tiga poin, hasil satu kemenangan melawan Filipina pada 16 November yang lalu.

Baca juga: Pratinjau Indonesia vs Vietnam: coba ulangi sukses di Piala Asia

Berikut susunan pemain Indonesia vs Vietnam:
Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner, Yakob Sayuri, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Hokky Caraka.

Cadangan: Muhamad Riyandi, Nadeo Argawinata, Wahyu Prasetyo, Sandy Walsh, Dimas Drajad, Egy Maulana, Pratama Arhan, Edo Febriasyah, Ricky Kambuaya, Arkhan Fikri, Ramadhan Sananta, Marc Klok.

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam: Nguyen Filip, Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Do Hung Dung, Nham Manh Dung, Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Anh.

Cadangan: Le Ngoc Bao, Pham Van Luan, Nguyen Duc Chien, Nguyen Van Toan, Le Pham Thanh Long, Ho Tan Tai, Vu Van Thanh, Trieu Viet Hung, Nguyen Quang Hai, Nguyen Dinh Trieu, Nguyen Tiean Linh, Nguyen Van Viet.

Pelatih: Philippe Troussier

Baca juga: Jepang ingatkan penggemar timnas tidak pergi ke Korea Utara
Baca juga: Vietnam coret lima pemain jelang laga hadapi Indonesia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024