Kami berkomitmen untuk memastikan kesiapan pembukaan secara fungsional rest area KM 86B agar aman dan nyaman digunakan pengguna jalan
Subang (ANTARA) - Pengelola jalan tol Astra Tol Cipali menyiapkan 785 toilet gratis yang tersebar di sejumlah rest area  sepanjang jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada musim mudik Lebaran 2024.

Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, dalam keterangannya di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis, mengatakan pada tahun 2023 rest area KM 86B sebelumnya tidak dioperasionalkan sementara waktu akibat kejadian alam pada April hingga Juli 2023.

Selanjutnya pada musim mudik Lebaran tahun ini, kata dia, rest area tersebut akan digunakan kembali di bagian toilet dan mushala. "Kami berkomitmen untuk memastikan kesiapan pembukaan secara fungsional rest area KM 86B agar aman dan nyaman digunakan pengguna jalan," katanya.

Baca juga: Menhub perkirakan terjadi kemacetan di ruas Tol Cipali

Secara umum Astra Tol Cipali memiliki delapan rest area yang dilengkapi dengan berbagai jenis pelayanan antara lain 785 toilet gratis, ruang nursery, SPBU, SPKLU, kantong parkir kendaraan yang ramah wanita dan disabilitas, serta tempat ibadah.

Selain itu juga dilengkapi bengkel umum dan lebih dari 190 penyewa yang terdiri dari UMKM, mini swalayan, hingga berbagai jenis rumah makan.

Sementara itu pada musim mudik dan arus balik Lebaran 2024, pihaknya memprediksi ada 2,1 juta kendaraan bakal melintasi ruas jalan Tol Cipali. Jumlah tersebut meningkat 2,2 persen dibanding realisasi volume kendaraan pada Lebaran 2023. Sedangkan bila dibandingkan dengan lalu lintas harian, melonjak 79,9 persen.

Baca juga: Arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali meningkat 40 persen

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Cipali pada musim mudik Lebaran, kata dia, akan dilakukan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow pada arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 1305 Tahun 2024, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor SKB/67/11/2024, dan Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 40/KPTS/Db/2024.

Untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way atau contraflow, kata dia, akan menyesuaikan dengan diskresi Korlantas Polri. 

Baca juga: 2,1 juta kendaraan diprediksi melintasi Tol Cipali periode Lebaran

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024