Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menyiagakan sebanyak 424 tenaga kesehatan dan tenaga pendukung lainnya selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Sebanyak 424 orang yang disiagakan tersebut terdiri atas 92 dokter, 240 tenaga kesehatan seperti perawat dan lainnya, serta 92 sopir ambulans.
 
"Kami siagakan tenaga kesehatan di seluruh posko kesehatan termasuk di kabupaten dan kota," kata Sekretaris Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur di Kota Bengkulu, Jumat.

Baca juga: Bengkulu gelar pasar murah serentak tiga hari cegah inflasi Ramadhan
 
Ia menyebutkan sebanyak 424 tenaga kesehatan tersebut akan disiagakan di 40 posko kesehatan yang berada di daerah perbatasan atau pusat keramaian selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Setiap posko kesehatan tersebut akan diisi dengan tim medis sebanyak enam orang yang dibagi dalam dua shift kerja," ujarnya
 
Ia mengatakan pendirian posko kesehatan tersebut untuk membantu para pengendara saat melaksanakan aktivitas mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: BI Bengkulu sediakan uang kartal Rp3,2 triliun untuk Ramadhan-Lebaran
 
Pendirian posko kesehatan tersebut berada di setiap wilayah dan perbatasan Bengkulu dengan provinsi tetangga seperti di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, dan Kota Bengkulu.

Edriwan juga mengatakan bahwa selama libur Idul Fitri pelayanan dokter spesialis tetap ada. Jika di daerah itu tidak tersedia dokter spesialis maka segera dirujuk di rumah sakit yang memiliki dokter spesialis.

Baca juga: Peredaran daging sapi di Bengkulu pada Ramadhan-Idul Fitri diperketat
 
Sementara itu, pada Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi Dinkes Provinsi Bengkulu menyiagakan sebanyak 50 posko kesehatan yang berada di 10 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024