Samarinda (ANTARA) -
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menyiagakan enam Posko Kesehatan Lebaran, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap layanan kesehatan selama masa cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Untuk layanan kesehatan saat cuti bersama dan libur lebaran selama delapan hari pada 8-15 April 2024, masyarakat tidak perlu khawatir karena kami menyiapkan enam Posko Kesehatan Lebaran," kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Samarinda dr Meliyani Agustini di Samarinda, Sabtu.

Baca juga: Dinkes Bengkulu siagakan 424 tenaga kesehatan selama libur Idul Fitri
 
Menurut dia, Enam Posko Kesehatan Lebaran itu tersebar di enam puskesmas dari total 26 puskesmas yang tersebar di Samarinda. Sebarannya pun merata di berbagai penjuru kota sehingga mudah dan cepat dijangkau oleh masyarakat.
 
"Enam posko itu terdiri atas empat puskesmas yang selama ini melayani unit gawat darurat (UGD) 24 jam dan dua puskesmas yang selama ini telah melayani rawat inap," katanya.
 
Ia menyebutkan empat puskesmas tersebut meliputi Puskesmas Palaran, Puskesmas Bantuas, Puskesmas Trauma Center, dan Puskesmas Lempake, sedangkan dua puskesmas yang juga melayani rawat inap adalah Puskesmas Sungai Siring dan Puskesmas Makroman.

Baca juga: Dinkes Kotawaringin Timur siapkan 10 tim kesehatan di jalur mudik
 
"Untuk enam posko ini saat cuti bersama dan libur lebaran mendatang masih tetap melakukan pelayanan. Sedangkan puskesmas lainnya masih buka saat cuti bersama, namun akan tutup dua hari saat lebaran," ucap Meliyani.
 
Meskipun puskesmas yang tidak dijadikan Posko Kesehatan Lebaran tutup dua hari, kata dia, masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan tidak perlu khawatir karena selain posko yang disiagakan, masih ada rumah sakit dan panggilan dokter 119 Doctor on Call yang juga siap melayani 24 jam.

Baca juga: BPJS Kesehatan Sleman berikan layanan JKN selama libur Lebaran 2024
 
"Kami perlu sampaikan kepada masyarakat bahwa jika ada kejadian kegawatdaruratan saat cuti bersama dan libur lebaran, manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti Posko Kesehatan Lebaran, UGD rumah sakit, dan 119 Doctor on Call. Telepon saja 119 dan akan dilayani oleh tenaga kesehatan maupun dokter yang bertugas," katanya.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024