nantinya THR yang dikumpulkan dapat menjadi investasi yang tidak terpengaruh oleh inflasi
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Zulfan Adam mengajak masyarakat untuk menggunakan emas sebagai sarana berbagi tunjangan hari raya (THR) untuk anak sehingga mengajarkan mereka untuk berinvestasi sejak dini.

“THR emas ini bisa menjadi kebiasaan baru untuk para orang tua. Biasanya bagi-bagi THR berupa uang, sekarang saatnya bagi-bagi logam emas, agar nantinya THR yang dikumpulkan dapat menjadi investasi yang tidak terpengaruh oleh inflasi,” ujar Zulfan Adam di Jakarta, Senin.

Ia menuturkan bahwa uang yang didapatkan oleh anak-anak dari pembagian THR oleh sanak saudara pada hari raya Idul Fitri seringkali dihabiskan untuk kegiatan konsumtif.

Agar anak-anak tertarik untuk menabung dan menginvestasikan hasil THR tersebut, pembagian uang dapat diganti dengan emas jenis mini baby gold dengan berat mulai dari 0,02 gram yang dibanderol seharga Rp50 ribuan di gerai retail emas Pegadaian, Galeri 24.

Selain emas mini baby gold, Pegadaian juga memiliki produk investasi emas lain, yakni Tabungan Emas digital yang dapat diakses melalui aplikasi Pegadaian Digital.

“Tabungan Emas Pegadaian diperuntukkan bagi nasabah yang tidak mau repot menyimpan emas, karena pembeliannya dilakukan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital yang dapat diunduh melalui Playstore maupun Appstore,” kata Zulfan.

Menurutnya, pembukaan jenis tabungan tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dengan nilai investasi mulai dari Rp10 ribu.

Sebelumnya, Analis Finex Brahmantya Himawan mengatakan pelaku pasar lebih meminati emas sebagai aset lindung nilai dalam mengantisipasi risiko di tengah ketidakpastian global.

"Terkhusus mengenai geopolitik yang tidak menentu pedagang menurut saya lebih tertarik terhadap aset safe heaven emas sebagai lindung nilai," kata Brahmantya kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (19/3).

Menurut dia, emas sendiri saat ini menjadi primadona yang berpotensi mengalami kenaikan mencapai all time high baru karena sentimen positif dari geopolitik yang panas, resesi negara-negara besar dan keadaan ekonomi yang tidak menentu.

Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada Senin pagi, terpantau stabil di angka Rp1.203.000 per gram.

Baca juga: Galeri 24 menjamin pembelian kembali emas yang dibeli dari gerainya
Baca juga: OJK sebut POJK bank emas Pegadaian masih minta masukan dari publik
Baca juga: Pegadaian catat volume transaksi gadai digital capai Rp14,54 triliun



Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024