...penyelesaian politik bagi krisis Suriah terletak pada dihentikannya aksi teror dan sumbernya.
Damaskus (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Presiden Suriah, Bashar al-Assad, pada Rabu mengatakan, masa depan Suriah harus diputuskan hanya oleh rakyat Suriah, termasuk untuk penyelesaian politiknya.

Bashar mengeluarkan pernyataan itu selama pertemuannya dengan Utusan Gabungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)-Liga Arab, Lakhdar Brahimi.

Ia juga menegaskan, keberhasilan setiap penyelesaian politik bagi krisis Suriah terletak pada dihentikannya aksi teror dan sumbernya.

Pernyataan Bashar tersebut dikeluarkan saat persiapan konferensi perdamaian internasional mengenai Suriah yang direncanakan di Jenewa, Swiss, pada November 2013.

Brahimi, yang terbang ke Suriah dua hari lalu, juga mengumandangkan pernyataan Bashar bahwa rakyat Suriah mesti memutuskan masa depan mereka tanpa tekanan dari pihak luar.

Konferensi Jenewa II, yang lama dinantikan, bertujuan mempertemukan Pemerintah Suriah dan oposisi paling lambat pada akhir November guna merancang penyelesaian politik yang diharapkan dapat mengakhiri penderitaan rakyat Suriah.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013