PBB (ANTARA News) - Nasser al-Kidwa, wakil mediator Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Suriah akan meninggalkan posnya pekan ini

PBB tidak menjelaskan lebih lanjut alasan pengunduran diri Nasser al-Kidwa. Namun, PBB menyatakan bahwa Kidwa telah menunjukkan "kesediaannya untuk melayani PBB di kapasitas lain."

Sekjen PBB Ban Ki-moon berterima kasih kepada Kidwa atas usahanya "dalam mencoba untuk mengakhiri pertumpahan darah di Suriah dan bergerak menuju transisi yang dipimpin bangsa Suriah sendiri," menurut satu pernyataan juru bicara Ban, Martin Nesirky.

Keponakan dari mantan pemimpin Palestina Yasser Arafat, Kidwa dinominasikan untuk tugas itu pada Agustus 2012 di saat yang sama dengan Brahimi, setelah dijabat oleh pendahulunya Kofi Annan.

Kidwa bertanggung jawab atas kontak dengan oposisi Suriah, khususnya, namun para diplomat mengatakan bahwa ia dikritik oleh pemerintah di Damaskus, yang berulang kali menolak mengeluarkan visa untuknya.

Ban "menyampaikan apresiasinya" untuk Kidwa atas layanan pengabdiannya di bawah Brahimi dan Annan, kata pernyataan itu.

Ditanya apakah Kidwa akan diganti, Nesirky mengatakan: "Diskusi-diskusi masih berlangsung soal itu... Nantikan saja, " katanya, demikian laporan AFP.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014