Jakarta (ANTARA News) - Hari pertama mogok nasional, Kamis, ribuan buruh berbagai aliansi dari Jakarta Timur memfokuskan aksi mereka untuk pemberhentian kegiatan produksi di kawasan industri Pulo Gadung.

Rencananya mogok nasional ini akan dilakukan hingga Jumat (1/11).

Kumpulan  buruh dari aliansi seperti FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) dan FPBI (Federasi Perjuangan Buruh Indonesia)  berkonvoi dari arah Bekasi dan memadati Jalan Raya Bekasi mulai perbatasan Jakarta hingga pintu masuk Kawasan Industri Pulo Gadung.

"Agenda hari ini di kawasan industri saja untuk hentikan proses produksi," kata Mohammad Toha, Sekjen Forum Buruh DKI kepada ANTARA News, Kamis (31/11).

Muhammad Toha juga menambahkan fokus pemberhentian kegiatan produksi ini berlaku serentak di tiap-tiap kawasan industri menurut wilayahnya.

"Ya kalo di Bekasi mereka fokus di kawasan industri di sana, Cibitung, Cikarang, kalau Jakarta Timur mayoritas berkumpul di sini (Pulo Gadung)," katanya.

Konvoi buruh menyebabkan kemacetan dari perbatasan Bekasi hingga Pulogadung Jakarta Timur. Polisi mengalihkan lalu lintas ke Cakung-Cilincing.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013