Banda Aceh (ANTARA News) - Seekor orangutan yang ditangkap warga di Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie Provinsi Aceh akhirnya mati dalam perjalanan dari Aceh menuju Sibolangit, Sumatera Utara.

"Orangutan itu diperkirakan mati dalam perjalanan antara kawasan Besitang-Sibolangit sekitar pukul 03.00 WIB pada Rabu (29/10)," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Amon Zamora di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan, orangutan tersebut sebelumnya ditangkap oleh masyarakat karena dinilai dapat mengancam kesalamatan penduduk di Kecamatan Mane, kemudian dikurung di dalam kandang sapi.

Sebelumnya, pemerhati Orangutan Aceh Ratno sugito, menjelaskan orangutan tersebut ditemukan dan diamankan oleh masyarakat.

Kondisi orangutan tersebut dalam keadaan lemas dengan luka di sekitar pinggang serta lembam di lengan kiri. Cidera yang dialami diduga akibat proses penangkapan yang dilakukan warga.

Ratno sugito mengatakan cidera yang dialami oleh orangutan tersebut diduga berasal dari proses penangkapan orangutan di luar SOP yang ada.

Masyarakat memotong pohon karena posisi orangutan tersebut berada diatas pohon berduri dan sulit untuk di panjat.

"Penangkapan itu dilakukan karena letak orangutan tepat di belakang rumah seorang warga yang juga menjadi lintasan penduduk untuk pergi ke kebun," kata dia,

Pewarta: Azhari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013