Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meninjau fasilitas dan layanan kesehatan masyarakat di RSUD Mokopido Tolitoli, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, termasuk layanan BPJS Kesehatan di rumah sakit tersebut.

Sejumlah masyarakat pengguna fasilitas dari RSUD Mokopido Tolitoli mengapresiasi pelayanan yang diterima selama ini, salah satunya Sukma yang juga pasien anggota BPJS.

"Kalau di rumah sakit ini barangkali fasilitasnya bisa ditambah seperti misalnya periksa darah tidak rujuk lagi ke Palu cuci darahnya," kata Sukma dalam keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu.

Meski menilai positif terhadap layanan kesehatan yang selama ini diterima, Sukma berharap RSUD Mokopido Tolitoli dapat meningkatkan fasilitas kesehatan.

Senada dengan itu, pasien BPJS lainnya, Yunike menyampaikan harapannya agar fasilitas kesehatan di RSUD Mokopido Tolitoli dapat bertambah sehingga pelayanan kepada pasien makin optimal.

Peningkatan fasilitas kesehatan tersebut juga diharapkan mampu meminimalisasi rujukan ke kota/kabupaten lain apabila ada kasus gawat darurat.

"Kalau ada pasien yang gawat atau harus dirujuk, rujuknya ke ibu kota kabupaten yang jarak tempuh kurang lebih 12 jam. Itu pun kalau kami lewat darat 12 jam jalanannya luar biasa," kata Yunike.

Yunike juga berharap tenaga medis seperti dokter ahli di rumah sakit dapat diperbanyak jumlahnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut yakni Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Tolitoli Hi. Amran Hi. Yahya, dan Direktur RSUD Mokopido Abdul Kadir.

Baca juga: Presiden Jokowi upayakan bantuan beras dilanjutkan hingga akhir tahun

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau panen padi di Sigi yang mencapai 6,2 ton per hektare

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024