Toboali, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan sebanyak 1.000 paket jajanan berbuka puasa (takjil) gratis kepada warga, sebagai realisasi dari program Ramadhan Berbagi.

"Kami memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dengan berbagi takjil gratis dan ini program rutin setiap tahun," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Rabu.

Baca juga: Polresta Banyumas bagikan takjil untuk pengguna jalan di Purwokerto

Riza Herdavid yang turun langsung bersama istri membagikan takjil gratis kepada warga yang melintas di seputaran Jalan Himpang Lima Toboali mengatakan, takjil gratis ini merupakan bentuk bantuan pemerintah kepada warga untuk mendapatkan beragam menu berbuka puasa.

"Pembagian takjil gratis ini juga dalam rangka mengajak warga, terutama para pedagang untuk menyajikan menu berbuka yang sehat dan aman dikonsumsi warga," katanya.

Selain itu, kata bupati, program takjil gratis ini juga membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan pendapatan.

Baca juga: Masjid USK siapkan 1.300 porsi takjil gratis bantuan UEA

"Seribu paket takjil gratis itu kita pesan dan beli dari para pelaku UMKM dengan ketentuan menu yang disajikan aman dikonsumsi masyarakat secara kesehatan," ujarnya.

Menurut dia, program berbagi takjil gratis ini salah satu cara pemerintah daerah memberdayakan para pelaku UMKM dengan membeli produk lokal.

Bupati berharap kegiatan rutin tahunan ini dapat memberikan dampak bagi para pelaku usaha dalam menambah modal dan penghasilan.

Baca juga: Istiqlal sediakan 4.000-6.000 boks takjil gratis selama Ramadhan

"Dengan demikian, usaha yang mereka jalankan tetap tumbuh dan berkembang di tengah kondisi ekonomi yang melemah saat ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024